3 Rekomendasi Wisata Religi di Cirebon, Dari Beribadah dan Berziarah Hingga Mencari Karomah 

3 Rekomendasi Wisata Religi di Cirebon, Dari Beribadah dan Berziarah Hingga Mencari Karomah 

Potret suasana kompleks Makam Sunan Gunung Jati-Google Maps foto - Tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Wisata religi, umumnya memiliki daya tariknya tersendiri, terutama di kalangan wisatawan yang menyukai aspek religiusitas di dalam destinasi wisata

Kota Cirebon sendiri memiliki banyak tempat wisata religi, yang selalu menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin tertarik mengunjungi nya, biasanya pada momen libur lebaran seperti ini, para wisatawan pengamat destinasi wisata religi, datang silih berganti mengunjungi Kota Cirebon

Kota Cirebon sendiri dikenal sebagai Kota Wali, karena pada masa penyebaran Islam di tanah Jawa, Kota Cirebon memiliki peran yang penting dalam penyebaran agama islam, karena di Kota Cirebon terdapat seorang tokoh penting dan tokoh kunci dalam penyebaran agama Islam, beliau adalah seorang anggota Wali Sanga yang bernama Sunan Gunung Jati. 

Untuk artikel kali ini, akan membahas mengenai 3 rekomendasi wisata religi di Cirebon, yang memiliki destinasi wisata dari melakukan ibadah dan ziarah, hingga mencari suatu karomah. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

BACA JUGA:FREE HTM! Curug Cilutung Majalengka Memiliki Pesona Curug Bebatuan Eksotis dengan Harga yang Gratis

1. Makam Sunan Gunung Jati 

Salah satu destinasi wisata religi penting yang ada di Cirebon yaitu, Kompleks Makam Sunan Gunung Jati. Destinasi wisata satu ini merupakan tempat keramat yang ada di Cirebon, suatu tempat yang merupakan kompleks makam dari Sunan Gunung Jati, dan kerabat-kerabat beliau, serta makam para Sultan Cirebon. Lokasi Makam Sunan Gunung Jati terletak di Jl. Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45151. Jam operasional wisata religi ini buka pada pukul 08.00-16.00 dari Senin/Sabtu dan tutup di hari Minggu. Rute untuk mencapi destinasi wisata ini jika dari Kota Cirebon hanya berjarak 18 menit melalui lewat Jl. DR. Cipto Mangunkusumo dan Jalur Lohbener-Cirebon. Tidak dikenakan biaya pada destinasi wisata religi Makam Sunan Gunung Jati, namun bagi pengunjung bisa membayar seikhlasnya pada para juru makam. Makam Sunan Gunung Jati adalah suatu destinasi wisata religi yang tepat bagi Anda yang ingin berziarah, hingga mencari karomah dari Wali Sanga, yakni Sunan Gunung Jati dengan nama asli Syekh Syarif Hidayatullah.

BACA JUGA:Wisata Woodland di Kuningan, Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran, Yuk Agendakan

2. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Bagi Anda yang ingin melakukan destinasi wisata religi di Cirebon sembari beribadah, maka Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah pilihan yang tepat. Lokasi Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak di Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114. Jam operasional buka setiap hari selama 24 jam. Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini lokasinya dekat dengan Keraton Kasepuhan. Dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini memiliki arsitektur yang unik serta menjadi daya tarik tersendiri. Masjid ini juga menjadi salah satu masjid yang tertua di Cirebon, yang dibangun sejak tahun 1480. Dan hal unik lagi yang terdapat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini adalah Adzan Pitu, yakni adzan yang dilakukan oleh tujuh orang, dan sudah menjadi tradisi turun temurun.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Daya Tarik Tempat Wisata Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon, Salah Satunya Kaya Akan Makna Filosofis 

3. Masjid Merah Panjunan

Masjid Merah Panjunan, juga dapat menjadi suatu destinasi wisata religi yang ada di Cirebon, lokasi nya terletak di Jl. Panjunan No.43, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112. Buka 24 jam dan setiap hari untuk jam operasional masjid ini. Masjid Merah Panjunan juga merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Cirebon. Masjid ini memiliki gaya arsitektur yang dominan oleh batu bata merah dan perpaduan arsitektur Arab dan Tionghoa, sehingga masjid ini memiliki daya tariknya tersendiri sebagai destinasi wisata religi. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk beribadah sembari menikmati destinasi wisata religi, bisa datang ke Masjid Merah Panjunan ini.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Curug di Majalengka Sebagai Tempat Wisata untuk Libur Lebaran, Menyejukkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: