5 Tanaman yang sangat dibenci oleh nyamuk dan cocok untuk hiasan didalam rumah atau kamar

5 Tanaman yang sangat dibenci oleh nyamuk dan cocok untuk hiasan didalam rumah atau kamar

Jenis tanaman yang tidak disukai nyamuk-CNN Indonesia -radarmajalengka.com

Radarmajalengka.com - Nyamuk tertarik pada aroma tertentu seperti asam laktat yang terkandung dalam keringat tubuh manusia. Mereka juga memanfaatkan indera penciumannya yang sangat baik untuk ‘mengendus’ keberadaan manusia dari kejauhan lewat aroma panas tubuh manusia dan karbon dioksida yang kita hembuskan.

Sama seperti halnya nyamuk tertarik pada aroma tertentu, rupanya juga terdapat beberapa aroma yang sangat dihindari dan dibenci oleh nyamuk. Aroma ini berasal dari beberapa hal alami seperti daun, bunga, atau tanaman yang umumnya kita sukai dan ingin miliki di taman sebagai hiasan.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Jumat 5 April 2024, Pisces Kreatif, Libra Produktif, dan Leo Ada Rezeki yang Positif

Berikut beberapa tanaman ini diketahui memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak menyenangkan untuk indera penciuman nyamuk yang sensitif:

1. Rosemary

Banyak orang mungkin lebih familiar dengan rosemary sebagai bumbu herbal tambahan dalam banyak hidangan lezat seperti ayam panggang dan salad.

2. Serai wangi

Serai wangi atau citronella dalam bahasa Inggris adalah salah satu jenis tanaman pengusir nyamuk paling populer di antara tanaman yang lain. Tanaman ini juga seringkali ditemukan menjadi bahan atau komponen utama dalam berbagai produk anti nyamuk yang banyak di jual di pasaran.

BACA JUGA:Samsung Galaxy A35 dan A55, Dapat Fitur Update ONE UI 6.1 Terbaru, Ada Apa Saja?

3. Catnip

Tanaman catnip adalah bagian dari keluarga tumbuhan jenis mint yang memiliki kandungan zat kimia yang disebut dengan nepetalactone. Zat ini diyakini 10 kali lebih efektif jika dibandingkan dengan DEET atau bahan aktif yang banyak digunakan di sebagian besar produk anti nyamuk yang ada di pasaran.

4. Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman hias pengusir nyamuk dan serangga lainnya yang tidak diinginkan di rumah seperti lalat dan ngengat. Selama berabad-abad, banyak orang telah menanam tanaman lavender untuk memanfaatkan kandungan zat di dalamnya, mulai dari keperluan medis sampai bahan utama aromaterapi. Bagi manusia, lavender memiliki aroma atau wangi yang menenangkan dan membuat rileks bagi siapapun yang menciumnya. Sebaliknya, bagi nyamuk aroma dari tanaman lavender yang khas ini sangat dibenci oleh mereka.

BACA JUGA:Tidak sangka! Ternyata daun insulin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh loh!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: