5 Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5 Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan dari Malam Lailatul Qadar-Gambar Pixabay - edit Picsay Pro-radarmajalengka.com

Keutamaan ini dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya, "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran."

Ibnu Abbas meriwayatkan mengenai waktu diturunkannya Al-Quran, yaitu "Al-Quran secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu 23 tahun."

4. Malam yang Penuh Keberkahan

Keutamaan malam Lailatul Qadar selanjutnya yaitu malam yang penuh keberkahan. Seperti yang sudah dijelaskan dalam QS. Ad Dukhan ayat 3-4, "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

BACA JUGA:Waktu yang Tepat Agar Doa Cepat Terkabul, Beserta dengan Tata Caranya!

5. Malam Penentuan Takdir Tahunan

Keutamaan malam Lailatul Qadar yang terakhir adalah menjadi malam penentuan takdir tahunan. 

Allah berfirman dalam Ad Dukhan ayat 4 yang artinya, "Pada malam itu, dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah."

Ibnu Katsir menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun.

BACA JUGA:7 Keutamaan Serta Jam Terbaik untuk Melaksanakan Salat Tahajud

Demikian pembahasan mengenai 5 keutamaan serta kemuliaan malam Lailatul Qadar. Semoga kita semua sebagai umat muslim dapat meraih malam penuh berkah ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: