5 Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

5 Keutamaan dan Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Keutamaan dan Keistimewaan dari Malam Lailatul Qadar-Gambar Pixabay - edit Picsay Pro-radarmajalengka.com

RADARMJALENGKA.COM - Malam lailatul qadar merupakan Malam dambaan umat Islam di bulan Ramadan yang lebih baik dari Malam seribu bulan. Terdapat sejumlah keutamaan Malam lailatul qadar.

Dalam bulan Ramadhan terdapat satu malam yang disebut lebih baik dari 1.000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Sebagian ulama mengatakan bahwa Lailatul Qadar biasanya jatuh pada salah satu malam ganjil dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Pada malam ini juga, Allah SWT akan melipatgandakan pahala hamba-Nya yang beribadah di malam Lailatul Qadar.

Umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah demi meraih keutamaan dan keistimewaan malam Lailatul Qadar. Berikut tujuh keutamaan malam Lailatul Qadar.

BACA JUGA:5+ Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

1. Lailatul Qadar Lebih Baik daripada 1.000 Bulan

Keutamaan malam Lailatul Qadar yang pertama yaitu malam lebih baik daripada 1.000 bulan. Mujahid, Qatadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan yaitu sholat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari sholat dan puasa di 1.000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar. (Zaadul Masiir, 9: 191)

Dalam penafsiran tersebut, 1.000 bulan berarti sama dengan 83 tahun 4 bulan. Penafsiran tersebut juga mengacu pada QS Al-Qadr ayat 3 yang berarti, "Malam qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan."

2. Para Malaikat Turun Ke Bumi

Keutamaan selanjutnya pada malam Lailatul Qadar yaitu turunnya para malaikat ke muka bumi. Allah berfirman, "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril." (QS. Al-Qadr: 4).

Banyak malaikat yang akan turun pada Lailatul Qadar karena banyaknya berkah pada malam tersebut. Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al-Quran, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis dzikir. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka.

BACA JUGA:Yuk Amalkan 4 Doa Ini Agar Kamu Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezekinya

3. Malam Turunnya Al-Quran

Keutamaan malam Lailatul Qadar yang ketiga adalah menjadi malam diturunkannya Wahyu dalam Al-Quran sebagai pedoman kehidupan umat Islam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: