5 Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari, Penting Untuk Diperhatikan

5 Tips Mendaki Gunung Di Malam Hari, Penting Untuk Diperhatikan

tips mendaki gunung di malam hari-superlive.id - tangkapan layar-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Mendaki gunung tak hanya dilakukan di siang hari saja, ada banyak pendaki yang kerap memilih waktu malam hari untuk Mendaki gunung. Memilih Mendaki di malam hari adalah salah satu keputusan yang sangat beresiko jika tidak dibarengi dengan persiapan yang matang.

kurangnya pencahayaan menjadi salah satu hal besar yang bisa membahayakan ketika mendaki gunung dimalam hari, biasanya malam hari digunakan oleh para pendaki untuk melakukan summit attack atau perjalanan menuju puncak dari tempat berkemah. Namun ada juga pendaki yang mengawali mendaki dari basecamp dan memilih waktu malam untuk pendakiannya.

Mendaki gunung di malam hari bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan dan memuaskan, tetapi juga memerlukan persiapan ekstra dan kehati-hatian yang lebih besar daripada mendaki pada siang hari.

Kondisi gelap dan visibilitas terbatas dapat meningkatkan risiko, tetapi dengan persiapan yang tepat, Anda dapat menikmati pendakian yang aman dan memuaskan di bawah langit bintang. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mendaki gunung di malam hari

BACA JUGA:Mengenal Jalur Pendakian Gunung Ciremai Via Trisakti Sadarehe, Jalur Baru yang Memiliki Padang savana.

1. Persiapkan Peralatan Pencahayaan yang Memadai

Peralatan pencahayaan yang memadai sangat penting saat mendaki di malam hari. Pastikan Anda membawa senter, headlamp, atau lampu trek yang memiliki cahaya yang cukup terang dan baterai yang memadai. Periksa peralatan Anda sebelum mulai mendaki untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

Jika perlu bawalah cadangan senter untuk berjaga-jaga jika senter uutama padam. Mendaki dimalam hari dengan kondisi gelap gulita bisa menjadi lancar dan aman dengan mempersiapkan peralatan pencahayaan yang baik.

BACA JUGA:Apa Fungsi Sebenarnya Lonceng Yang Sering Dibawa Para Pendaki Gunung? Simak penjelasannya!

2. Kenakan Pakaian yang Sesuai

suhu di alam ketika mendaki biasnya memiliki suhu yang sangat dingin terlebih jika dimalam hari, untuk memastikan tubuh anda dalam keadaan hangat dan nyaman kenakanlah pakaian yang sesuai dan mampu memnghalau dinginya malam.

Pilihlah pakaian yang sesuai dengan suhu malam di gunung. Kenakan lapisan yang dapat menahan angin dan menahan kelembapan untuk menjaga tubuh tetap hangat dan kering. Bawa juga jaket atau lapisan tambahan untuk menghindari kedinginan saat beristirahat atau di puncak.

3. Gunakan Peta dan Informasikan Rencana Anda

Diskusikan rencana perjalanan dengan kelompok anda, rencana perjalan yang baik akan sangat membantu anda ketika melakukan sebuah pendakian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: