7 Keutamaan Serta Jam Terbaik untuk Melaksanakan Salat Tahajud

7 Keutamaan Serta Jam Terbaik untuk Melaksanakan Salat Tahajud

Keutamaan Serta Jam Terbaik untuk Melaksanakan Salat Tahajud -Ilustrasi Salat Tahajud-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Salat tahajud merupakan amalan sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Ibadah ini mengandung banyak keutamaan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Salat tahajud merupakan salah satu salat sunnah yang Allah firmankan dalam Al-Qur’an. Bukan hanya tentang anjurannya tetapi juga keutamaannya. Namun, keutamaan sholat tahajud bukan hanya terdapat dalam Al-Qur’an. Ada banyak hadits yang juga menjelaskannya.

Sebelum kita bahas keutamaan dari salat tahajud, mungkin banyak yang belum tau kapan sih jam terbaik untuk melaksanakan salat tahajud? 

1. Sepertiga Malam Pertama

Salah satu jam terbaik untuk melaksanakan salat tahajud adalah pada sepertiga malam pertama. Waktu salat tahajud pertama dapat dilakukan pada waktu setelah salat isya. Batas pada waktu pertama sekitar, sampai pukul 22.00.

BACA JUGA:Yuk Amalkan 4 Doa Ini Agar Kamu Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezekinya

Seorang muslim yang ingin salat tahajud tiba bisa langsung melaksanakan salat tahajud setelah salat isya. Harus tetap tidur terlebih dahulu sebelum salat tahajud.

2. Sepertiga Malam Kedua

Waktu kedua untuk melakukan salat tahajud yaitu pada sepertiga malam kedua. Waktu ini sekitar pukul 22.00 sampai dini hari, tepatnya pada pukul 01.00. Dibandingkan dengan waktu sepertiga malam pertama, waktu ini terbilang lebih utama. Pasalnya, waktu sepertiga pada malam kedua ini dipercaya memiliki fadhilah dan banyak keistimewaannya tersendiri.

Pada waktu sepertiga malam kedua, banyak orang yang terlelap tidur. Maka dari itu, ibadah salat tahajud ini adalah ibadah yang cukup berat. Umat muslim yang ingin melaksanakan salat tahajud dianjurkan untuk bangun pada waktu utama. Hal itu dipercaya lebih mendapatkan keutamaannya.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu ketiga yang bisa dipakai untuk salat tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sepertiga malam terakhir dimulai pada pukul 01:00 sampai sebelum masuknya waktu subuh. Diantara ketiga waktu terbaik untuk melaksanakan salat tahajud, pada waktu sepertiga malam terakhirlah yang paling utama.

BACA JUGA:5+ Manfaat Makan Kurma Saat Berbuka Puasa

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, sepertiga malam yang terakhir merupakan waktu yang paling baik untuk melakukan ibadah. Pada waktu inilah dipercaya menjadi waktu yang mustajab. Terlebih ketika ingin memanjatkan doa pada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: