5 Jajanan Pasar yang Dibungkus Menggunakan Daun, Sudah Jadi Ciri Khas Turun Temurun, Cocok Untuk Takjil

5 Jajanan Pasar yang Dibungkus Menggunakan Daun, Sudah Jadi Ciri Khas Turun Temurun, Cocok Untuk Takjil

Barongko sebagai salah satu jajanan pasar tradisional yang dibungkus pakai daun pisang.-Snapseed edit foto pribadi-radarmajalengka.com

RADARMAJALENGKA.COM - Jajanan takjil itu banyak ragamnya, termasuk dengan takjil yang dibungkus menggunakan daun, karena bungkusan daun, terutama dalam aneka makanan dan Jajanan, biasanya ada yang sudah jadi tradisi turun temurun.

Jajanan yang dibungkus dengan daun, memanglah memiliki keunikan tersendiri, selain dari rasa dan aroma. Jajanan yang dibungkus pakai daun juga memiliki unsur dan makna yang sarat akan tradisionalitas.

Ya, jajanan yang dibungkus menggunakan daun, memang bisa menjadi suatu tradisi yang mungkin sudah ada sejak lama, bahkan turun temurun. Karena unsur tradisional nya, pun dapat menjadi daya taril tersendiri. Terkhusus untuk jajanan yang dibungkus daun, seperti jajanan pasar yang cocok dijadikan hidangan takjil di kala waktu berbuka puasa.

Lalu, untuk jajanan yang dibungkus daun, terutama jajanan pasar yang cocok untuk takjil, memiliki jenis dan macam yang seperti apa? Tenang, pada ulasan artikel kali ini, akan membahas suatu fokus mengenai, 5 rekomendasi jajanan takjil yang dibungkus menggunakan daun, yang sudah turun temurun, dan bisa juga sebagai rekomendasi menu takjil buka puasa. Yuk simak di artikel kali ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kue Tradisional Indonesia Bentuk Persegi Panjang, Cocok Untuk Menu Takjil Buka Puasa

1. Lemper

Jajanan yang satu ini, memanglah jajanan fenomenal, bagaimana tidak jika masyarakat tidak mengenali jajanan khas yang dibungkus daun satu ini. Lemper biasanya juga bisa dijadikan sebagai jajanan atau hidangan perjamuan, akan tetapi jika untuk hidangan takjil buka puasa, lemper juga bisa. Isian lemper banyak varian nya, bisa ayam ataupun oncom. Dan lemper memang identik dengan jajanan yang dibungkus pakai daun terutama daun pisang, karena memang sudah turun temurun, bahkan memiliki filosofi nya tersendiri lho. 

2. Nagasari

Kue tradisional satu ini, juga memang dibungkus menggunakan daun, sama seperti lemper menggunakan bungkus daun pisang. Karena dengan dibungkus pakai daun seperti ini, dapat menimbulkan aroma dan citarasa yang khas dari nagasari. Nagasari merupakan jajanan tradisional yang mudah dijumpai di pasar, dengan bahan utama sebagai olahan dari tepung beras yang biasanya memiliki isian pisang di dalamnya.

BACA JUGA:Resep Membuat Kue Sagon Kelapa, Cocok Untuk Takjil Buka Puasa, Kue Jadul Rasanya Mantul, Kuy Coba

3. Bongko Mento

Makanan tradisional khas Indonesia ini, identik dengan bungkusan daun pisangnya. Serta rasa gurih dari perpaduan bahan dasar olahan tepung terigu, yang bercampur isian ayam, soun, atau jamur kuping. Jajanan satu ini pula bisa dijadikan sebagai menu takjil buka puasa, untuk hidangan camilan yang gurih.

4. Lemet Singkong

Jajanan tradisional satu ini, kehadirannya juga bisa ditemukan di pasar, dan mudah dijumpai dan dicari, cocok sekali untuk dijadikan sebagai hidangan takjil buka puasa, dengan rasa dan aroma khasnya. Berbahan dasar singkong bercampur gula aren serta dibungkus daun pisang, dengan metode dikukus, yang mampu menghasilkan aroma wangi dari kukusan yang khas, lalu rasa manis antara perpaduan singkong dan gula aren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: