Selamat Tinggal Kolesterol: Ini Menu Berbuka Puasa Untuk Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Selamat Tinggal Kolesterol: Ini Menu Berbuka Puasa Untuk Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Ini Menu Berbuka Puasa Untuk Menurunkan Kolesterol yang Tinggi-Alodokter - Tangkapan layar website-Alodokter

RADARMAJALENGKA - Penyakit kolesterol banyak diderita oleh orang yang sudah berumur, namun kolesterol juga dapat menyerang anak muda yang tidak memperhatikan pola hidup sehat dikesehariannya.

Kolesterol merupakan jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh manusia. Sebenarnya ia memiliki fungsi penting dalam tubuh. Namun, bila kadar letaknya sudah melebihi batas sewajarnya maka akan timbul beragam penyakit disebabkan tersumbatnya pembuluh darah larena lemak yang menumpuk. Salah satu penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi ialah jantung koroner.

Maka, sangat di sarankan untuk selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Terutama sekarang yang sedang melaksanakan ibadah puasa, diharapkan bagi pengidap kolesterol dapat memilah makanan lebih teliti lagi.

Ibadah puasa memang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi dampak buruk dari kolesterol jahat.

Bagi anda yang didiagnosa dokter mengidap kolesterol bisa menghindari makanan seperti susu full cream kuning telur, jeroan, otak sapi, gorengan, kulit ayam dan lainnya. Lantas, apa saja makanan yang bisa dimakan pengidap kolesterol? 

BACA JUGA:Minuman Rempah Untuk Menurunkan Kolesterol: No. 3 Paling Ampuh

BERIKUT MAKANAN YANG BOLEH DIKONSUMSI PENGIDAP KOLESTEROL:

1. Ikan

Pengidap kolesterol dapat mengkonsumsi ikan untuk tetap menjaga kesehatannya. Lemak tak jenuh ganda pada ikan diyakini baik dikonsumsi bagi pengidap kolesterol. Salah satu ikan yang baik ialah ikan tenggiri atau ikan tuna.

Di dalam ikan tersebut terdapat kandungan omega 3 dan minyak tak jenuh yang baik untuk dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi, karena kandungan tersebut dapat menaikkan kadang HDL (High-density lipoprotein) dan menurunkan LDL (Low-density lipoprotein).

2. Biji dan Kacang

Pengidap kolesterol dapat mengkonsumsi menu berbahan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk berbuka puasa. Biji dan kacang dikenal memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa memakan kacang almond, walnut atau biji-bijian seperti flaxseed (biji-bijian yang berasal dari Timur Tengah.

BACA JUGA:Ini Minuman Rempah yang Bagus Untuk Meredakan Asam Lambung

3. Sayur dan Buah 

Pengidap kolesterol baiknya mengkonsumsi menu berbuka berupa buah-buahan dan sayuran. Selain baik bagi pencernaan karena kaya akan serat, dua makanan ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan serat ialah lobak, tomat, lobak, bayam dll. Kemudian, buah-buahan yg memiliki serat tinggi misalnya jeruk, mangga, anggur dan lainnya.

4. Gandum

Penhidap kolesterol disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang mengandung serat. Gandum memiliki serat yang tinggi, ia dipercaya dapat menurunkan kadar lemak kolesterol sekitar 10 persen. Menurut riset, serat yang larut pada air mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Makanan gandum dapat anda temui pada oat, roti gandum dll.

BACA JUGA:Segera Detox Tubuhmu dengan Minuman Rempah Ini!

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi pengidap kolesterol tinggi. Mari jaga kesehatan bersama demi masa depan yang lebih terjamin. Sayangi keluarga anda dengan tetap memperhatikan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: