Tips dan Menu Makanan Sahur Agar Kuat Menjalani Ibadah Puasa

Tips dan Menu Makanan Sahur Agar Kuat Menjalani Ibadah Puasa

Tips dan Menu Makanan Sahur Agar Kuat Menjalani Ibadah Puasa-pinterest - tangkapan layar -Radarmajalengka

RADARMAJALENGKA.COM - Saat bulan Ramadan tiba, umat muslim di belahan dunia manapun akan melakukan puasa Ramadan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Salah satu rangkaian sunah yang biasa dilakukan orang-orang berpuasa adalah Sahur. Sahur menjadi momen penting untuk mempersiapkan tumbuh agar tetap fit, bugar dan kuat dalam beraktivitas seharian. 

Menu sahur yang baik akan menghasilkan hari-hari yang kita jalani juga baik, karena energi tubuh kita tercukupi secara merata sesuai dengan takaran yang ada.

Namun kira-kira apa saja sih menu sahur yang baik agar tetap kuat berpuasa penuh sebulan ini? Berikut ini beberapa pilihan menu yang bisa buat kamu kuat dan bertenaga dalam berpuasa.

BACAJUGA:Apa Saja Jenis Olahraga yang Cocok Saat Puasa? Lengkap dengan Waktu yang Tepat dan Manfaatnya

1. Sumber Karbohidrat Komplek

Sebagian Masyarakat Indonesia memang mengkonsumsi Karbohidrat sebagai bahan pokok makanan sehari-hari, yaitu Nasi. Karbohidrat Kompleks adalah sumber energi utama yang dapat memberikan kekuatan yang tahan lama selama kita menjalani puasa. Karbohidrat kompleks juga membantu kita dalam mentsabilkan kadar gula darah, sehingga energi yang kita dapat dari Sahur tetap terjaga di dalam tubuh sepanjang hari.

2. Kaya Akan Protein

Makanan-makanan yang kaya akan protein yang sering kita jumpai di berbagai kalangan adalah Telur. Protein merupakan nutrisi yang penting untuk membantu membangun dan memperbaiki sistem tumbuh. Makanan yang kaya akan protein seperti Ikan, daging tanpa lemak kacang-kacangan dan susu memberikan kestabilan energi dan kekuatan untuk kita selama berpuasa sehari penuh. Selain itu, protein juga membantu mengontrol rasa lapar dan menahan proses pencernaan, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

3. Makanan Yang cukup berserat

Serat dalam makanan berfungsi untuk menjaga pencernaan yang sehat dan memperlambat penyerapan gula darah yang terdapat dalam tubuh. Makanan yang berserat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu buah-buahan seperti Alpukat, Apel, Pir, Kacang Almond, Pisang serta Jagung, dan Sayur-sayuran seperti Brokoli, wortel, Kacang-kacangan, tomat serta Ubi Jalar. 

4. Cairan yang Cukup 

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Konsumsilah air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur untuk menghindari dehidrasi selama puasa. Hindari minuman berkafein atau berkarbonasi karena dapat menyebabkan dehidrasi. Jus buah segar juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambah asupan cairan dan nutrisi.

BACAJUGA:3 Hp Murah Dengan Spesifikasi Gahar Dan RAM Besar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: