Suhu Udara Maksimum Majalengka Tertinggi di Indonesia

Suhu Udara Maksimum Majalengka Tertinggi di Indonesia

BMKG-dok-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Suhu udara maksimum di wilayah Kabupaten Majalengka pada siang hari kembali menduduki peringkat tertinggi se-Indonesia.

Dari hasil pemantauan 20 Stasiun BMKG di seluruh Indonesia, suhu di Majalengka menduduki peringkat pertama selama lima hari berturut-turut.

Di antaranya, pada 26-31 Oktober 2023 yang masing-masing mencapai 38,8 derajat celcius, 39,3 derajat celcius, 39,4 derajat celcius, 38,4 derajat celcius, dan 38,8 derajat celcius.

Sebelumnya BMKG mencatat suhu maksimum Majalengka sempat menduduki peringkat pertama se-Indonesia pada 6 Oktober 2023 yang mencapai 37,4 derajat celcius.

BACA JUGA:Pemkab Gelontorkan Rp138 M, Perbaiki Jalan Rusak

BACA JUGA:Wisata Alam Majalengka Dekat Dengan Daerah Cirebon

Bahkan, suhu maksimum di Majalengka tersebut meningkat menjadi 38,7 derajat celcius tepatnya pada 9 Oktober 2023, dan pada 16 Oktober 2023 naik menjadi 39 derajat celcius.

Namun, kala itu dari hasil pemantauan 20-an Stasiun BMKG di sejumlah daerah suhu maksimum Majalengka tidak menempati peringkat tertinggi se-Indonesia.

Plt Kepala Stasiun BMKG Kertajati Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan, suhu tinggi itu disebabkan pergerakan semu matahari yang kini tepat di atas wilayah Indonesia.

"Terutama di atas wilayah Pulau Jawa, dan didukung faktor lokal serta lingkungan sekitar," ujar Ahmad Faa Iziyn saat dihubungi melalui pesan singkatnya, Rabu (1/11).

BACA JUGA:Destinasi Wisata Majalengka Adem dan Sejuk

BACA JUGA:Rute Majalengka Menuju Bandung Kini Hanya 1 Jam

Karenanya, menurut dia, suhu udara menjadi lebih panas dibanding biasanya, dan suhu maksimum di wilayah Kabupaten Majalengka pun cenderung meningkat.

Pihaknya mengakui, dalam beberapa hari terakhir suhu maksimum Majalengka lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga terasa semakin panas dan membara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: