Pemkab Gelontorkan Rp138 M, Perbaiki Jalan Rusak

Pemkab Gelontorkan Rp138 M,  Perbaiki Jalan Rusak

ilustrasi uang-Besaran bantuan yang akan diterima oleh peserta Kartu Prakerja berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kini peserta Kartu Prakerja akan menerima bantuan sebesar Rp4,2 juta per individu.-

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka tengah fokus memperbaiki jalan rusak di tahun 2023 ini. Tidak tanggung tanggung anggaran yang telah disiapkan senilai Rp138 miliar.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Majalengka H Agus Tamim ST MSi menyebutkan, perbaikan jalan kabupaten ini sudah berlangsung sejak Juni 2023 lalu. Hingga saat ini perbaikan jalan diperkirakan rampung sekitar 88 persen.

"Perbaikan jalan itu, dikerjakan untuk seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka. Saat ini sudah mencapai angka di 88 persen dalam keadaan baik. Sisanya 12 persen itu tersebar di seluruh kecamatan," bebernya.
Menurut Agus, perbaikan infrastruktur jalan itu tidak hanya di satu wilayah saja tetapi di 26 kecamatan atau seluruh kecamatan di Majalengka.

Selain komitmen Pemkab Majalengka agar masyarakat bisa berkendara dengan nyaman, pengerjaan ini juga untuk menyambut operasi penuh Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

BACA JUGA:Wisata Alam Majalengka Dekat Dengan Daerah Cirebon

Menyambut hal tersebut, Majalengka tengah menyiapkan diri menjadi pintu gerbang internasional. "Tata ruang ini ada hubungannya bagaimana Majalengka ke depan. Jadi dalam tata ruang kita itu ada tujuan bagaimana Majalengka itu menjadi pintu gerbang internasional berbasis industri, pariwisata dan pertanian berkelanjutan," imbuh Agus.

Oleh karenanya, pemeliharaan infrastruktur ini tidak hanya akses jalan utama yang menjadi prioritas. Namun akses menuju tempat wisata, industri dan pertanian juga menjadi perhatian Pemkab Majalengka.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUTR Majalengka Mamat Surahmat menambahkan, luas perbaikan untuk jalan kabupaten ini diperkirakan sekitar 280 kilometer. Anggaran untuk perbaikan jalan itu bersumber dari APBD Majalengka dan Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat.

Anggarannya dari APBD Kabupaten mencapai Rp49 miliar (Dana Alokasi Umum Kabupaten) dan Bantuan Keuangan Provinsi senilai Rp89 miliar.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Majalengka Adem dan Sejuk

"Totalnya Rp138 untuk perbaikan jalan tahun ini. Insyaallah optimis pengerjaan rampung sampai bulan Desember 2023 mendatang," tambahnya.

Mamat menyampaikan, proyek perbaikan ini tidak hanya sebatas pemeliharaan jalan. Namun ada juga untuk pelebaran jalan. Seperti akses wisata ke hutan pinus Argapura, Maja-Garawastu masuk pelebaran jalan.

Selain hutan pinus Argapura, Terasering Panyaweuyan juga rencananya akan diperlebar. Namun pelebaran jalan untuk akses ke Panyaweuyan tidak akan dilakukan pada tahun ini. Meski demikian, saat ini sudah ada pembebasan lahan di jalur Panyaweuyan.

"Akses Panyaweuyan juga masuk pelebaran dari Lawang Saketeng sampai masjid, namun tidak di tahun sekarang. Kalau pembebasan lahannya sudah tinggal eksekusi aja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: