Tol Cisumdawu Berdampak Positif untuk Wisata Kota Cirebon

Tol Cisumdawu Berdampak Positif untuk Wisata Kota Cirebon

BERWISATA: Ribuan wisatawan mengunjungi objek wisata Taman Goa Sunyaragi selama momen cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023. Adanya Tol Cisumdawu memberi dampak positif terhadap salah satu destinasi wisata di Kota Cirebon tersebut.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARMAJALENGKA.COM  - Ribuan wisatawan mengunjungi objek wisata Taman Goa Sunyaragi selama momen cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023. Adanya Tol Cisumdawu memberi dampak positif terhadap salah satu destinasi wisata di Kota Cirebon tersebut.

Kepala Bagian Humas Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon, Eko Ardi Nugraha menyebut, total ada 1.146 pengunjung yang datang ke Goa Sunyaragi pada tiga hari musim liburan. Angka ini meningkat dibandingkan dengan kunjungan pada hari biasa.

“Pada hari Jumat (30/6) jumlah pengunjung 323 orang, hari Sabtu (01/6) ada 394 orang pengunjung. Dan hari Mibggu (2/6) ada kenaikan jumlah pengunjung sebanyak 429 orang di hari terakhir cuti bersama,” demikian dijelaskan Eko Ardi dalam keterangan tertulis.

Ditambahkan Eko, pengunjung kebanyakan masih berasal dari wilayah sekitar Cirebon. Namun, jumlah pengunjung dari wilayah Bandung mengalami peningkatan sebesar 5-8 persen.

BACA JUGA:Kuwu Wawan Siap Bangun Desa Ciwaringin dengan Amanah dan Transparan

BACA JUGA:Baznas Peduli UMKM

“Pengunjung (kebanyakan) masih dari Ciayumajakuning, namun (pengunjung) dari Bandung sudah mulai banyak, mungkin dipengaruhi oleh dibukanya Tol Cisumdawu,” tambah Eko.

Tol Cisumdawu, lanjut Eko, bisa memangkas waktu perjalanan dari Bandung ke Kota Cirebon hanya sekitar 1,5 jam hingga 2 jam. Sehingga warga Bandung dan sekitarnya kini bisa memilih berwisata dan kulineran di Kota Cirebon.

“Itu bagus untuk kebangkitan pariwisata di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon. Sebab, Cirebon kini menjadi tujuan wisata alternatif selain Puncak Bogor dan Pantai Pangandaran,” ungkap Eko.

Sementara itu, Danang, salah seorang pengunjung asal Bandung mengaku baru pertama kali berkunjung ke objek wisata Goa Sunyaragi.

BACA JUGA:Dinkes Jabar Lakukan Berbagai Upaya untuk Capai 'Jabar Zero New Stunting'

Ia sengaja datang bersama keluarganya karena penasaran dengan situas Goa Sunyaragi yang sempat dilihatnya di media sosial.

“Lihat di Instagram, (Goa Sunyaragi) kayaknya bagus seperti zaman kerajaan. Apalagi setelah datang, memang lokasinya bagus, bersih, parkir luas dan tiketnya murah,” kata Danang. (awr)

BACA JUGA:Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-77, Kapolres Majalengka Kunjungi Ruangan Tahanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: