Pesan Menteri Basuki untuk Tol Cisumdawu yang Sedang Dikebut, Perhatikan Ini

Pesan Menteri Basuki untuk Tol Cisumdawu yang Sedang Dikebut, Perhatikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkap pesan untuk Tol Cisumdawu. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

BACA JUGA:Cek Ruang Tahanan, Kapolres Majalengka Tekankan Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Dari keenam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT CKJT.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Brawijaya mengatakan, terdapat teknologi khusus yang diterapkan dalam pembangunan Tol Cisumdawu. 

Teknologi geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

"Pada Seksi 5A ini, terdapat bagian tanah labil dan berair sehingga tidak bisa ditangani dengan urugan atau konstruksi biasa. Ini yang pertama dikerjakan dengan skala massal dengan volume hampir 40 ribu m3. Timbunan ringan ini akan mengurangi risiko longsor," kata Brawijaya.

BACA JUGA:Agar Terawat, Kasubag Sarpras Polres Majalengka Gelar Pemeriksaan Kendaraan Dinas Polsek Sukahaji

Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Penggunaan material geofoam juga dilakukan di Seksi 5B tepatnya di STA 52+000 atau pada lokasi longsor di seberang batching plant. Apalagi sudah terjadi 2 kali ambles di lokasi itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: