PENGUMUMAN: Jemaah Haji Ciayumajakuningsusu Terbang dari Bandara Kertajati 28 Mei, Asrama Haji di Indramayu

PENGUMUMAN: Jemaah Haji Ciayumajakuningsusu Terbang dari Bandara Kertajati 28 Mei, Asrama Haji di Indramayu

Penerbangan jemaah haji Ciayumajakuningsusu akan dilaksanakan dari Bandara Kertajati mulai 28 Mei.-BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pengumuman penting untuk jemaah haji dari wilayah Ciayumajakuningsusu (Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, MAJALENGKA, Kuningan, Sumedang dan Subang) yang tahun ini, akan melakukan penerbangan dari Bandara Kertajati.

Sebanyak 24 kelompok terbang (kloter) jemaah haji dari Ciayumajakuningsusu, untuk pertama kalinya akan berangkat haji dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka.

Totalnya sebanyak 8.986 jemaah haji juga akan menempati Asrama Haji Jawa Barat di Kabupaten Indramayu, sebelum dilakukan penerbangan.

Adapun jadwal perdana pemberangkan rencananya dilaksanakan mulai 28, Mei 2023 sekitar pukul 21.00 WIB.

BACA JUGA:SIBUK! Ini Deretan Penerbangan di Bandara Kertajati Bulan Mei 2023

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab mengatakan, Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati Majalengka sudah dipastikan siap untuk digunakan untuk pelayanan jemaah Ciayumajakuningsusu.

Rencananya, penerbangan haji jemaah sebanyak 24 kloter tersebut akan menggunakan Maskapai Saudia Airlines.

Maskapai Arab Saudi tersebut juga sudah kontrak dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk melayani penerbangan sebagian jemaah haji Jawa Barat.

"Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati siap layani 8.968 calon haji," ujar Saiful Mujab, saat meninjau Asrama Haji Jawa Barat di Kabupaten Indramayu, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 6, Mei 2023.

BACA JUGA:SYARAT PENTING, Uang Kertas Rp 75 Ribu Bisa Laku Jutaan Rupiah di Kolektor, Simak dan Cek di Sini Ciri-cirinya

Saiful Mujab menjelaskan Kemenag telah menyiapkan SOP layanan di embarkasi. Nantinya, akan diterapkan one stop service atau layanan satu pintu.

"Begitu jamaah tiba di asrama, langsung ada layanan pemeriksaan dari KKP, serta pembagian paspor, gelang, boarding pass, dan biaya hidup (living cost), semua di satu tempat," kata dia.

Sementara untuk lansia dan risiko tinggi, Kemenag akan memprioritaskan pelayanan seperti menempatkan tempat tidur di lantai bawah, penyiapan kursi roda, hingga penambahan petugas khusus yang disiapkan baik asrama haji maupun bandara.

"Layanan untuk jamaah lansia didahulukan agar jamaah bisa segera dapat beristirahat. Kita juga ada tambahan petugas untuk melayani jamaah lansia," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: