Pasca Lebaran, Akhirnya Harga Daging Ayam Turun di Pasar Trasional Prapatan Majalengka

Pasca Lebaran, Akhirnya Harga Daging Ayam Turun di Pasar Trasional Prapatan Majalengka

MULAI TURUN: Harga ayam broiler atau ayam potong mengalami penurunan, yang semula mencapai Rp35 ribu/kg sampai dengan Rp36 ribu/kg, kini ini Rp32 ribu/kg.-Ono Cahyono-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Sejumlah harga komoditas di pasar tradisional Prapatan mengalami penurunan pasca Hari Raya Idul Fitri. Seperti harga ayam broiler atau ayam potong per kilogramnya yang semula mencapai Rp35 ribu sampai dengan Rp36 ribu, kini ini Rp32 ribu.

Koordinator Pasar Prapatan, Nana Supriatna menjelaskan, penurunan harga ayam tersebut sudah terjadi beberapa tiga hari ini. Dua hari memasuki anak sekolah mulai berangkat, sejumlah komoditas terpantau mulai menunjukkan perkembangan harga normal seperti biasa.

"Untuk harga ayam di tingkat pedagang sudah Rp30 ribu sampai dengan Rp32 ribu per kilogram. Kalau untuk jualan lagi harga ayam di sini (pasar Prapatan) seharga Rp30 ribuan," kata Nana.

Nana mengaku, kenaikan harga beberapa komoditas termasuk ayam broiler atau ayam potong pada bulan puasa kemarin ditengarai karena momentum bulan Ramadan. Sehingga kejadian ini berlangsung terjadi setiap tahunnya.

BACA JUGA:PEMBURU HEALING MERAPAT! Berikut Villa di Sumedang, Cocok Buat Staycation

BACA JUGA:6 Jadwal Penerbangan yang Beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka Mei 2023, Yuk Mau ke Mana?

Meski demikian, harga daging ayam kembali turun seiring permintaan sudah normal kembali.
"Hukum pasar, ketika permintaan melambung maka harga juga bakal naik karena suplier biasanya kerap menaikan harga komoditi," katanya.

Sementara itu, salah seorang pedagang ayam potong, Yati (54) mengaku turunnya harga daging ayam disebabkan karena permintaan sudah mulai normal lagi, berbeda seperti awal puasa lalu yang naik drastis. Penurunan harga ini terjadi hampir setiap dua hari sekali.

"Jadi kalau supliernya menurunkan harga, saya juga sama menyesuaikan. Kami jual harga sesuai perkembangan dari sananya," tegasnya.

Yati mengaku harga daging ayam biasanya kembali normal memasuki minggu ketiga sampai satu bulan pasca idul Fitri. Harga saat ini hasil kenaikan harga satu pekan sebelum Idul Fitri lalu. (ono)

BACA JUGA:TERBUKTI! Tol Cisumdawu Mempercepat Perjalanan Bandung - Kertajati, Begini Kelanjutan Proyeknya

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Bulan Depan, Bandung - Kertajati 1 Jam Sampai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: