TERBUKTI! Tol Cisumdawu Mempercepat Perjalanan Bandung - Kertajati, Begini Kelanjutan Proyeknya

TERBUKTI! Tol Cisumdawu Mempercepat Perjalanan Bandung - Kertajati, Begini Kelanjutan Proyeknya

Kelanjutan proyek Tol Cisumdawu yang ditargetkan dapat selesai pada Juni 2023.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu terbukti mempercepat perjalanan Bandung - Kertajati meski sebagian ruas masih beroperasi fungsional terhitung 16 April sampai 1 Mei.

Karenanya, kelanjutan dari proyek Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dinantikan masyarakat dan diharapkan dapat beroperasi penuh.

Apalagi, ada Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka yang membutuhkan konektivitas via Jalan Tol Cisumdawu.

Bandara Kertajati sendiri mulai membuka penerbangan terjadwal pada 17 Mei, dengan Maskapai AirAsia untuk rute Kertajati - Kuala Lumpur.

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Bulan Depan, Bandung - Kertajati 1 Jam Sampai

Sejumlah maskapai penerbangan juga sudah menyatakan minat untuk terbang lagi dari Bandara Kertajati, bila Tol Cisumdawu sudah selesai 100 persen.

Bahkan CEO Capital A, Tony Fernandes beberapa waktu lalu menyatakan keyakinannya kalau masa depan Bandara Kertajati bakal seperti Bandara Internasional Kualanamu.

Syaratnya, kata Tony, Bandara Kertajati perlu didukung dengan konektivitas dan transportasi yang memadai, salah satunya adalah jalan tol.

Baru-baru ini, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) juga merilis bahwa keberadaan ruas fungsional Tol Cisumdawu sangat membantu arus mudik dan balik lebaran 2023.

BACA JUGA:EVALUASI Arus Mudik - Balik Via TOL CISUMDAWU Ruas Fungsional, 50 Ribu Kendaraan Melintas

Apalagi tersambung langsung ke Km 152 Tol Cipali, yang memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke arah Jawa Tengah, Majalengka, Cirebon dan sekitarnya.

Bahkan, waktu tempuh dan jarak tempuh perjalanan juga menjadi sangat cepat. Dari sebelumnya 2-3 jam menjadi hanya 1 jam saja.

Lalu, bagaimana kelanjutan proyek Tol Cisumdawu? Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Meidi Suarso berharap, cuaca mendukung untuk percepatan pengerjaan.

Sebab, belakangan ini hujan seringkali turun dan tentunya proyek pun turut terhambat. "Juni, sekarang ini hujan terus," kata Bagus Meidi, kepada wartawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: