SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Bulan Depan, Bandung - Kertajati 1 Jam Sampai

SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Bulan Depan, Bandung - Kertajati 1 Jam Sampai

Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi penuh bulan depan.-Foto: Antara Foto via BPJT-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi penuh mulai bulan depan atau Juni 2023, dan saat ini sudah memasuki tahap lanjutan konstruksi.

Terhitung mulai 1 Mei 2023 pukul 17.00 WIB, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ruas fungsional Kertajati - Cimalaka sudah ditutup untuk umum.

Sebab, konstruksi di Seksi 4 dan 5 kembali dilanjutkan, kecuali di Seksi 6 Jalan Tol Cisumdawu yang sudah rampung 100 persen sejak Desember 2022.

Pekerjaan di Seksi 4 dan 5 tersebut sebagian besar adalah penyelesaian main road pada Jalur B. Sebab, untuk Jalur A sudah tersambung dan dipakai untuk arus mudik - balik mulai 16 April sampai dengan 1 Mei yang lalu.

BACA JUGA:EVALUASI Arus Mudik - Balik Via TOL CISUMDAWU Ruas Fungsional, 50 Ribu Kendaraan Melintas

Kecuali Jalur A di dekat Jembatan Conggeang, yang terdapat jalan ambles. Sehingga pada saat arus mudik dan balik, terjadi pemindahan jalur untuk menghindari lokasi tersebut.

Diperkirakan, proyek tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut akan tuntas pada akhir Mei atau selambat-lambatnya Juni 2023, sesuai dengan target dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

"Target selesai akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, selanjutnya tol ini juga bisa mendukung operasional Bandara Kertajati," kata Menteri PUPR, belum lama ini.

Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Meidi Suarso berharap, cuaca mendukung untuk percepatan pengerjaan.

BACA JUGA:NIH! HP Nokia Harga 1 Jutaan Tapi Spek Dewa, Kualitas Foto Cling

Sebab, belakangan ini hujan seringkali turun dan tentunya proyek pun turut terhambat. "Juni, sekarang ini hujan terus," kata Bagus Meidi, kepada wartawan.

Sementara itu, dalam keterangannya PT CKJT menyatakan bahwa setelah ruas fungsional Tol Cisumdawu ditutup untuk kendaraan, proyek kembali dilanjutkan.

"Jalur fungsional resmi ditutup ya. Izinkan kami untuk kembali menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini, yang tinggal sedikit lagi," tulis keterangan PT CKJT.

Disampaikan juga harapan agar ruas fungsional sepanjang 28,2 kilometer tersebut dapat segera dituntaskan dan tersambung dari Bandung sampai dengan Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: