Banyak ODGJ Dibuang di Majalengka, Akhirnya Pol PP Lakukan Penertiban

Banyak ODGJ Dibuang di Majalengka, Akhirnya Pol PP Lakukan Penertiban

Rahmat Kartono Kasatpol PP-PAI SUAPRDI-Radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM -Kasatpol PP Kabupaten Majalengka Rahmat Kartono mengatakan, pihaknya mengaku akan segera melakukan penertiban keberadaan Pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT) maupun orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Hal tersebut menyusul adanya dugaan maraknya PGOT dan ODGJ, yang diduga memang sengaja dibuang atau di drop ke wilayah Majalengka. Menyusul ditemukannya banyaknya ODGJ yang berkeliaran di sekitar terminal paska libur lebaran tahun 2023 kemarin, bahkan salah satunya sampai melahirkan.

Rahmat menambahkan,jika baru saja pihaknya menyampaikan kepada seluruh jajaran anggota Pol PP yang penempatan tugasnya berada di wilayah kecamatan maupun kesatuan untuk bisa lebih aktif, koordinatif dan bisa melakukan penertiban.

Dan dalam waktu dekat ini sebut dia, sesuai yang sudah diagendakan, pihaknya mengaku akan segera melakukan operasi khusus, namun dalam skala keseharian jajarannya akan melakukan penertiban PGOT, ODGJ melalui piket wilayah dan piket siaga. Dan langkah tersebut sambung nya, sudah dilakukan dan banyak yang berhasil ditertibkan. Namun paska lebaran kali ini baik PGOT dan ODGJ kembali marak.

BACA JUGA:PEMBANGUNAN Jembatan Sangkuriang Tol Cisumdawu Kembali Dilanjutkan, Begini Penampakannya

BACA JUGA:6 Daftar Rute Penerbangan yang Diinginkan Warga dari Bandara Kertajati Majalengka, Ada Tujuan Favorit Kamu?

“Saya sudah instruksikan kepada seluruh anggota untuk segera melakukan aksi penertiban,”ucapnya.

Namun demikian kata dia, hal yang perlu diketahui bersama, terkait tugas penertiban ODGJ maupun PGOT memang memang menjadi ranah Pol PP. Namun kata dia, untuk penanganan lanjutan tentunya ada fungsi-fungsi ranah OPD lain seperti Dinsos, Dinkes maupun Disduk yang juga harus terlibat. Oleh karena itu tentunya koordinasi dan kerjasama antar OPD harus ditingkatkan.

“Artinya operasi yang kami lakukan akan dikolaborasikan dengan keterlibatan OPD lainya, terutama untuk tindak lanjut penanganan paska penertiban,”tambahnya.

Sementara itu Kadinkes Majalengka H Agus Susanto mengaku siap mendukung dan bekerjasama serta berkolaborasi dengan Pol PP terkait penanganan ODGJ maupun PGOT di Majalengka, salah satu bukti kesiapan dan keterlibatan langsung Dinkes dalam penanganan persoalan itu sebut dia, yakni berkaitan dengan kasus adanya ODGJ yang melahirkan di jalan yang langsung ditangani pihaknya.

“Pada dasarnya kami Dinkes dan OPD lainya siap bekerjasama dan berkolaborasi dengan Pol PP dalam mengatasi persoalan tersebut,”pungkasnya. (pai)

BACA JUGA:WOW! Batik Air Buka Penerbangan ke Maladewa dari 6 Kota di Indonesia, Ini Daftarnya

BACA JUGA:JANGAN PANIK! Ini 4 Suara Aneh dan Asap yang Sering Muncul Sebelum Penerbangan, Kenali Dulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: