WOW! Jumlah Kendaraan Lewat Tol Cisumdawu saat Mudik - Balik Mencapai 411 Ribu

WOW! Jumlah Kendaraan Lewat Tol Cisumdawu saat Mudik - Balik Mencapai 411 Ribu

Jumlah kendaraan yang lewat Tol Cisumdawu saat arus mudik dan balik mencapai 411 ribu. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jumlah kendaraan yang melewati Tol Cisumdawu saat arus mudik dan balik lebaran mencapai 411 ribu, baik ruas fungsional maupun yang sudah beroperasi penuh.

Menurut data PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), jumlah kendaraan yang lewat Tol Cisumdawu lebih banyak saat arus balik ketimbang mudik.

Total komulatif jumlah kendaraan tersebut mencapai 411.019, terhitung mulai H-6 atau saat mudik sampai dengan H+7 Idul Fitri.

Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, Bagus Meidi Suarso menjelaskan, kondisi tersebut memang terlihat ada peningkatan signifikan dibandingkan volume normal harian sebelum momen lebaran.

BACA JUGA:WOW! Dampak Tol Cisumdawu, Sumedang Didatangi 50 Ribu Wisatawan Per Hari saat Libur Lebaran

"Itu data kendaraan yang masuk melalui seluruh gerbang tol atau yang datang dari arah Tol Purbaleunyi," ujar Bagus Meidi, seperti dilansir dari Antara, Rabu, 3, Mei 2023.

Adapun periode arus mudik dihitung sejak H-6, karena ruas fungsional Tol Ciwsumdawu dari Cimalaka hingga Gerbang Tol Ujung Jaya baru dibuka pada Minggu (16/4) atau H-6 Lebaran.

Selain itu, menurutnya total kendaraan yang tercatat itu terdiri dari seluruh golongan kendaraan mulai dari Golongan I hingga Golongan V.

Dari data selama bulan April, jumlah kendaraan yang melintasi Cisumdawu memang meningkat pada momen arus mudik dan arus balik.

BACA JUGA:RESMI DITUTUP! Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Juni, Nyambung ke Kertajati

Sebelum periode tersebut, hanya belasan ribu kendaraan yang melintas setiap harinya. Sedangkan pada momen arus mudik dan arus balik, jumlahnya meningkat rata-rata di atas 20 ribu per harinya.

Pada periode arus mudik, volume kendaraan yang paling banyak terjadi pada H-3, Rabu (19/4). Di hari tersebut, kata dia, ada sebanyak 29.962 kendaraan yang menggunakan Tol Cisumdawu.

Sedangkan pada periode arus balik, volume kendaraan yang paling banyak justru terjadi pada H+1 Lebaran atau pada Minggu (23/4). Pada saat itu, menurutnya ada sebanyak 48.867 kendaraan.

Bagus pun menyebut volume kendaraan yang melintas ke Tol Cisumdawu justru lebih banyak pada momen arus balik. Namun banyaknya kendaraan pada arus balik itu tidak hanya pada ruas fungsional, melainkan juga di seluruh gerbang tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: