WOW! Dampak Tol Cisumdawu, Sumedang Didatangi 50 Ribu Wisatawan Per Hari saat Libur Lebaran

WOW! Dampak Tol Cisumdawu, Sumedang Didatangi 50 Ribu Wisatawan Per Hari saat Libur Lebaran

Dampak Tol Cisumdawu sangat signifikan terhadap wisatawan yang datang ke Sumedang. -Nani Sumarni/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Dampak dari kehadiran Tol Cisumdawu untuk Kabupaten SUMEDANG, mulai terlihat pada saat libur lebaran 2023.

Sebanyak 50 ribu wisatawan per hari datang ke Kabupaten Sumedang di masa libur lebaran. Data tersebut berdasarkan catatan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kabupaten Sumedang. 

Banyaknya wisatawan yang datang, tidak lepas dari keberadaan Jalan Tol Cisumdawu. Sehingga akses ke Kabupaten Sumedang menjadi lebih mudah. Baik lewat Gerbang Tol Sumedang Kota, maupun Gerbang Tol Cimalaka.

Ketua PHRI, Nana Mulyana mengatakan, diprediksi uang ratusan miliar berputar di Kabupaten Sumedang selama masa libur lebaran. Meski data ini, secara spesifik sulit di dapat. 

BACA JUGA:RESMI DITUTUP! Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Juni, Nyambung ke Kertajati

"Kita asumsikan satu orang mengeluarkan Rp 200 ribu lah, ini artinya ada uang ratusan milyar selama liburan bulan Ramadan ini," kata Nana Mulyana.

Bahkan, saat libur lebaran rumah makan tahu rata-rata sudah habis begitu memasuki pukul 17.00 WIB. Itu artinya begitu banyak orang yang datang ke Sumedang. 

"Libur lebaran itu perhari bisa 40 ribu sampai 50 orang, itu se Sumedang. Jadi Sumedang ini diserbu puluhan ribu orang per harinya," kata Nana, dilansir dari siaran pers Pemkab Sumedang. 

Meski tidak memiliki data resmi, kata Nana, namun PHRI juga memonitor semua destinasi wisata di Sumedang. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Dua Korban Bus Terguling di Sudan Warga Majalengka Akhirnya Bisa Pulang

Pengunjung yang datang, sambung Nana, didominasi oleh wisatawan dari luar Sumedang. Dan wisawatan asli Sumedang yang merantau, kemudian mudik membawa uang ke Sumedang.

"Ini artinya bergeraknya sektor wisata, membangkitkan ekonomi di Sumedang. Karena perputaran uang sangat besar di sini," tuturnya

Tak hanya tempat-tempat wisata, kata Nana, hotel dan restoran juga mengalami lonjakan pengunjung. 

"Hotel terisi full, bahkan rumah makan dan Tahu Sumedang itu jam 5 sore sudah habis," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: