RESMI DITUTUP! Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Juni, Nyambung ke Kertajati

RESMI DITUTUP! Ruas Fungsional Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai Juni, Nyambung ke Kertajati

Ruas fungsional Tol Cisumdawu resmi ditutup untuk umum.-Adhi Karya-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Ruas fungsional Tol Cisumdawu resmi ditutup untuk umum, setelah periode pengoperasian berakhir.

Ruas fungsional Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2023, mulai 16 April sampai dengan 1 Mei.

Kemudian mulai hari ini, pekerjaan di Jalan Tol Cisumdawu kembali dilanjutkan dengan target dapat diselesaikan pada akhir Mei atau selambat-lambatnya Juni 2023.

Selama mudik dan arus balik lebaran, Tol Cisumdawu membantu memperlancar arus lalu lintas dari Bandung ke arah Majalengka dan sebaliknya.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Dua Korban Bus Terguling di Sudan Warga Majalengka Akhirnya Bisa Pulang

Berdasarkan data PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT),  pada periode arus mudik dari H-6 hingga H-1, ada sebanyak 137.122 kendaraan yang tercatat. Sedangkan pada arus balik dari H+1 hingga H+7 ada sebanyak 239.237 kendaraan.

Melihat data tersebut, Tol Cisumdawu ternyata lebih banyak digunakan saat arus balik daripada mudik lebaran.

Bahkan jumlah kendaraan yang lewat saat arus balik hampir 2 kali lipat dibandingkan saat mudik.

Terkait dengan kelanjutan proyek Tol Cisumdawu, rencananya akan dilanjutkan dengan target selesai pada akhir Mei atau awal Juni 2023.

BACA JUGA:KISAH Basuki Hadimuljono, Satu-satunya Menteri yang Rumahnya Digusur Demi Jalan Tol

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menginginkan agar pekerjaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan tuntas sesuai dengan target agar dapat segera dimanfaatkan.

Menurut Basuki, keberadaan Jalan Tol Cisumdawu sangat penting untuk menunjang akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Karenanya, Basuki berharap agar tol sepanjang hampir 62 kilometer tersebut dapat selesai setidaknya pada akhir Mei atau awal Juni nanti.

Dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, seperti diketahui, waktu tempuh dari Bandung ke Kertajati menjadi lebih cepat dengan kisaran waktu 1 jam saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: