Apakah Jalan Tol Cisumdawu Masih Gratis? Simak Perbedaan Fungsional dan Beroperasi Penuh

Apakah Jalan Tol Cisumdawu Masih Gratis? Simak Perbedaan Fungsional dan Beroperasi Penuh

Informasi apakah Jalan Tol Cisumdawu masih gratis atau sudah berbayar.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Apakah Jalan Tol Cisumdawu masih gratis? Pertanyaan tersebut diungkapkan masyarakat terkait pengoperasian untuk arus mudik dan balik lebaran 2023.

Sebab, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan saat ini, sebagian masih beroperasi satu arah yakni mulai dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama sampai dengan Cimalaka.

Kemudian terdapat beberapa gerbang tol yang sudah beroperasi di sepanjang ruas Jalan Tol Cisumdawu.

Apakah Jalan Tol Cisumdawu masih gratis saat ini? Tentu saja tergantung pengguna melewati ruas yang mana.

BACA JUGA:PENTING NIH! Tarif Tol Cirebon Bandung via Cisumdawu, Siapkan Saldo E-Toll Sebelum Arus Balik

Untuk Tol Cisumdawu mulai dari Cileunyi sampai dengan Cimalaka saat ini sudah dikenakan tarif yakni Rp 41.500 untuk kendaraan golongan 1.

Sedangkan ruas Cimalaka - Gerbang Tol Ujung Jaya Utama sampai dengan sekarang masih gratis. Atau tepatnya mulai Km 216 sampai dengan 186.

Bila pengendara melakukan perjalanan arus balik dari arah Majalengka, ruas yang dilalui masih gratis sampai dengan Cimalaka.

Sebab, untuk ruas jalan sepanjang 28,2 kilometer tersebut masih beroperasi secara fungsional untuk keperluan arus balik lebaran sampai dengan 1 Mei 2023.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Usul TOL CISUMDAWU Ganti Nama Jadi Ali Sadikin, Jusuf Hamka Bilang Gini, Simak Kata-katanya

Adapun penentuan tarif nantinya akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR), setelah seluruh proyek selesai.

Kemudian akan diberlakukan uji coba fungsional dalam waktu tertentu, sebelum akhirnya dapat digunakan secara penuh oleh masyarakat dan bertarif.

Menteri PUPR menargetkan bahwa setelah arus mudik dan balik, seluruh ruas Tol Cisumdawu dapat rampung dan mulai beroperasi penuh pada awal Juni 2023.

"Akhir Mei atau selambat-lambatnya awal Juni 2023, semua ruas Tol Cisumdawu 62 km sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: