Polri Ajak Masyarakat Gunakan Tol Cisumdawu untuk Arus Balik ke Bandung dan Jakarta

Polri Ajak Masyarakat Gunakan Tol Cisumdawu untuk Arus Balik ke Bandung dan Jakarta

Masyarakat bisa menggunakan Tol Cisumdawu untuk arus balik ke Bandung maupun Jakarta. -NTMC Polri-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Polri mengajak masyarakat untuk menggunakan  Tol Cisumdawu ruas fungsional untuk arus balik ke Bandung maupun Jakarta.

Penggunaan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat mengurangi kepadatan kendaraan di Tol Cipali, saat arus balik lebaran. 

Bahkan lalu lintas di Jalan Tol Cisumdawu juga terpantau masih lengang, meski ruas fungsional hanya dibuka satu arah dari Kertajati sampai dengan Cimalaka.

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengatakan, dari pantauan lalu lintas mulai Cirebon sampai dengan Cileunyi, terpantau arus balik lancar.

BACA JUGA:UPDATE! Identitas Korban Kecelakaan di Tol Cipali Km 153 Majalengka, 3 Orang Meninggal Dunia

Ruas Palimanan - Tol Cipali masih diberlakukan one way dan Kertajati - Cimalaka juga satu arah. Karenanya tol fungsional ini, bisa dimanfaatkan masyarakat yang hendak menuju Bandung maupun Jakarta.

Apalagi kondisi jalan di Tol Cisumdawu sudah mulus, rambu lalu lintas juga tersedia. Sehingga sangat layak dilewati sebagai alternatif arus balik.

"Sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk masyarakat yang akan kembali ke Bandung ataupun ke Jakarta," kata Aan saat meninjau Pos Pengamanan Terpadu Cileunyi.

Menurutnya, jalur fungsional Tol Cisumdawu itu bisa diakses hingga kawasan Cimalaka. Setelah kawasan Cimalaka itu, ruas Tol Cisumdawu hingga ke kawasan Cileunyi dalam kondisi normal. "Setelah Cimalaka melalui Cileunyi ini arusnya juga masih cukup lancar," kata dia.

BACA JUGA:UPDATE! Kecelakaan di Tol Cipali Km 153 Majalengka, Korban Sekeluarga dari Surabaya, Mobil Isi 12 Orang

Meski begitu, Aan tetap mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri ketika menggunakan jalur tol untuk arus balik. Apabila kondisi fisik sudah lelah atau mengantuk, masyarakat bisa memanfaatkan area peristirahatan yang tersedia.

Apabila rest area penuh, Aan meminta masyarakat untuk tidak beristirahat di bahu jalan dan menaati arahan petugas di lapangan.

"Silakan keluar tol, cari tempat yang nyaman, istirahat sejenak atau silakan ke rest area kalau masih kosong, istirahat sejenak. Kalau sudah fresh baru melaksanakan perjalanannya kembali," katanya. 

Sementara itu, pada ruas yang sudah beroperasi penuh, Tol Cisumdawu didominasi kendaraan warga yang hendak berwisata di Kabupaten Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: