SIAP-SIAP! Arus Balik, TOL CISUMDAWU Bakal Lebih Padat, Ada Limpahan dari Cipali

SIAP-SIAP! Arus Balik, TOL CISUMDAWU Bakal Lebih Padat, Ada Limpahan dari Cipali

Lalu lintas arus balik lebaran di Tol Cisumdawu diprediksi akan lebih padat dari saat mudik.-Rochamedia - Diolah-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Lalu lintas arus mudik di Tol Cisumdawu diprediksi lebih padat daripada saat mudik lebaran.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan kembali digunakan untuk membantu kelancaran arus mudik - balik.

Sesuai dengan jadwal, ruas fungsional Jalan Tol Cisumdawu dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama sampai Cimalaka, akan beroperasi satu arah mulai pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Diperkirakan, akses tol ini bakal menjadi alternatif limpahan kendaraan yang hendak menuju Jakarta bila terjadi kemacetan di Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

BACA JUGA:BESOK! Tol Cisumdawu Dibuka dari Majalengka ke Sumedang untuk Arus Balik

Kendati demikian belum ada informasi bagaimana pengaturan lalu lintas di Tol Cisumdawu saat arus balik. Termasuk rekayasa di jalan tol yang kemungkinan akan diberlakukan one way bila terjadi kepadatan.

Puncak arus balik Idul Fitri diprediksi terjadi pada Senin dan Selasa, 24 - 25 April 2023 karena cuti bersama berakhir pada tanggal 26.

Tetapi, puncak arus balik ini baru gelombang pertama. Diperkirakan gelombang kedua akan terjadi pada Sabtu - Minggu, 29 - 30 April.

Pada saat arus mudik, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan, diberlakukan pembatasan pada volume lalu lintas di Tol Cisumdawu sebanyak 1.000 kendaraan per jam.

BACA JUGA:WOW! Situ Cipanten Majalengka Padat Pengunjung, Jalan Desa Gunung Kuning Ikut Merayap

Bila melebihi jumlah itu, akan diberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengeluarkan kendaraan di Gerbang Tol Sumedang Kota atau Gerbang Tol Cileunyi.

Tetapi, sepanjang arus mudik volume tertinggi lalu lintas di Tol Cisumdawu berkisar antara 500 sampai dengan 700 kendaraan per jam.

Pembatasan tersebut mempertimbangkan kapasitas Tol Cipali yang hanya memiliki 2 jalur. Sehingga rawan terjadi bottle neck.

Sedangkan untuk arus balik, diperkirakan Tol Cisumdawu bakal menjadi alternatif masyarakat yang hendak menuju Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: