SIMAK! Ini Penjelasan Jusuf Hamka Soal TOL CISUMDAWU Dibangun Pakai Uang Pribadi, Belum Pakai Kredit Bank

SIMAK! Ini Penjelasan Jusuf Hamka Soal TOL CISUMDAWU Dibangun Pakai Uang Pribadi, Belum Pakai Kredit Bank

Bos jalan tol M Jusuf Hamka mengungkap bahwa biaya konstruksi Tol Cisumdawu masih pakai uang pribadi.-Jusuf Hamka/Ig-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Bos jalan tol, M Jusuf Hamka kembali mengungkap pendanaan tol Cisumdawu yang dibangun pakai uang pribadi dan sejauh ini belum memakai kredit dari perbankan.

Bahkan, Jusuf Hamka menegaskan bahwa konstruksi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sampai dengan saat ini masih menggunakan uang pribadi.

Adapun kredit dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), sampai dengan saat ini, satu rupiah pun belum dipakai untuk pembiayaan kosntruksi Jalan Tol Cisumdawu.

Padahal, ruas tol sepanjang hampir 62 kilometer itu, dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

BACA JUGA:WOW! Sempat Uji Coba di Bandara Kertajati, TransNusa Operasikan Pesawat Made in China Pertama di Indonesia

Yakni dengan pembagian pengerjaan di Seksi 1 dan 2 yakni Cileunyi - Pamulihan dan Pamulihan - Sumedang Kota sepanjang 28,5 kilometer yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Sedangkan Seksi 3 sampai dengan 6 sepanjang 32,25 kilometer dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) di mana Jusuf Hamka menjadi pemegang saham mayoritas.

Sehingga dalam susunan direksi PT CKJT, Jusuf Hamka berposisi sebagai direktur utama dan putrinya yakni Fitria Yusuf menjadi komisaris.

Saham CKJT dimiliki oleh perusahaan sebesar 15,00 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebesar 14,00 persen, PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) milik Jusuf Hamka 51,00 persen, PT Jasa Sarana 10,00 persen, dan PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 10,00 persen.

BACA JUGA:One Way Terbukti Mengurangi Kepadatan Kendaraan di Rest Area KM 166 Tol Cipali

Jusuf Hamka menegaskan bahwa pembangunan Jalan Tol Cisumdawu yang sudah habis triliunan rupiah itu, berasal dari sumber pendanaan uang pribadi atau yang diistilahkan dari Bank Ucup.

"Alhamdulillah sampai dengan pagi ini, proyek tol ini belum pakai uang bank 1 rupiah pun. Yang ada adalah pakai uang Bang Ucup Hamka, hehehe," kata Jusuf Hamka, dalam keterangannya. 

Ditegaskan bos PT Citra Marga Nusaphala Persada itu, seluruh pembiayaan Tol Cisumdawu berasal dari pendanaan swasta. 

Karenanya, tol ini layak menjadi kebanggaan karena didanai oleh anak negeri dan dikerjakan serta diselesaikan oleh anak bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: