MULAI MENINGKAT! Volume Lalu Lintas Mudik di TOL CISUMDAWU Tembus 500 Kendaraan per Jam

MULAI MENINGKAT! Volume Lalu Lintas Mudik di TOL CISUMDAWU Tembus 500 Kendaraan per Jam

Volume kendaraan di Tol Cisumdawu pada arus mudik lebaran masih landai.-Rochamedia/Ist - Diolah-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Volume lalu lintas di Tol Cisumdawu mulai mengalami peningkatan sejak dioperasikan pada Minggu, 16, April 2023 dengan sebagian ruas yang bertstatus fungsional tanpa tarif.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan menjadi alternatif bagi masyarakat untuk mudik dari Bandung ke Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon hingga berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng).

Keberadaan Jalan Tol Cisumdawu telah membuat jarak tempuh dan waktu tempuh dari Bandung ke Majalengka menjadi lebih singkat.

Dengan jarak tempuh kurang lebih 62 kilometer, rata-rata pengendara membutuhkan waktu antara 50- 60 menit saja untuk perjalanan dari Cileunyi sampai keluar Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:WOW! Sempat Uji Coba di Bandara Kertajati, TransNusa Operasikan Pesawat Made in China Pertama di Indonesia

Tentu saja, waktu tempuh ini jauh lebih singkat ketimbang menggunakan Jalan Tol Cipularang yang disambung ke Cipali atau via Jalur Arteri Cadas Pangeran, Sumedang.

"Sesuai pemantauan kita masih sepi ya, namun ada peningkatan dibanding beberapa hari kemarin saat kita melakukan pembukaan fungsional Cimalaka - Kertajati," kata Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan.

Dijelaskan Kapolres Sumedang, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-2 dan H-1 Idul Fitri dan kemungkinan ada peningkatan volume kendaraan.

Dari data PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dan Dir Lantas Polda Jawa Barat (Jabar), rata-rata sekitar 500-700 kendaraan yang melintasi Tol Cisumdawu dalam 1 jam.

BACA JUGA:One Way Terbukti Mengurangi Kepadatan Kendaraan di Rest Area KM 166 Tol Cipali

"Mudah-mudahan sampai nanti kita prediksikan H-1 dan H-2 puncaknya, masih lancar. Sampai saat ini juga bisa kita kendalikan. Alhamdulilah masih aman," kata Kapolres, dikutip radarmajalengka.com dari publikasi Polres Sumedang, Kamis, 20, April 2023.

Diharapkan, lalu lintas Tol Cisumdawu dapat lancar dan terkendali serta tidak ada insiden. Sejauh ini, ruas fungsional di Cimalaka sampai Kertajati juga dapat dilalui pengendara dengan kondisi baik.

Ruas fungsional tersebut memiliki panjang jalan 28,2 kilometer dari Seksi 4 Cimalaka sampai dengan Gerbang Tol Ujung Jaya - Junction Dawuan, Kertajati, Majalengka.

"Kita harapkan aman tidak ada kecelakaan di ruas jalan tol," tutur Kapolres, yang melakukan peninjauan lalu lintas sekaligus pengecekan rest area di Km 194+400.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: