PENAMPAKAN Junction Dawuan, Pertemuan Tol Cisumdawu dan Cipali

PENAMPAKAN Junction Dawuan, Pertemuan Tol Cisumdawu dan Cipali

Lokasi Junction Dawuan di Km 152 Tol Cipali yang merupakan akses keluar masuk dari Tol Cisumdawu ke Kabupaten Majalengka.-Rochamedia - Diolah-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu resmi beroperasi penuh untuk mudik dan arus balik lebaran terhitung, Minggu, 16, April 2023.

Saat ini, lalu lintas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah terhubung dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan.

Tentunya hal ini menghadirkan sesuatu yang baru di jalur mudik Tol Cipali, karena terdapat pertemuan arus lalu lintas Bandung dan Jakarta di lokasi tersebut.

Karenanya, lokasi Junction Dawuan diantisipasi jauh-jauh hari untuk diatur agar tidak terjadi crossing arus lalu lintas.

BACA JUGA:WOW! Mudik Jakarta Pangandaran Bisa Pakai Pesawat Susi Air, Mendarat di Bandara Ini

Bahkan saat ini, Junction Dawuan sudah ditutup untuk lalu lintas ke arah Jakarta dan hanya bisa dilewati untuk rute ke arah Cirebon Jawa Tengah.

Lokasi dari Junction Dawuan berada di Kilometer 152 Tol Cipali yang merupakan akses keluar setelah pengendara melintasi Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Simpang susun ini terdiri dari 3 jalur yakni, ke arah Jakarta, ke arah Cirebon dan dari arah Jakarta menuju ke Tol Cisumdawu.

Uniknya meski bernama Junction Dawuan, sebenarnya jalur penghubung ini berada di Pasalah, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA:MAJALENGKA BERDUKA! Prajurit Yonif 321 Galuh Taruna Gugur Diserang KKB di Papua

Sedangkan lokasi dari Kecamatan Dawuan berada sekitar 12 kilometer dari lokasi simpang susun tersebut.

Kondisi Arus Mudik

Dari pantauan visual, lalu lintas di area ini terpantau masih ramai lancar. Sementara dari arah Bandung justru cukup lengang.

Kendati demikian berdasarkan data dari Polres Sumedang, jumlah pemudik yang masuk ke Tol Cisumdawu sudah mencapai 400-700 mobil per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: