SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Diprediksi Ramai Hari Ini, Arus Mudik Masuk Fase Puncak

SIAP-SIAP! Tol Cisumdawu Diprediksi Ramai Hari Ini, Arus Mudik Masuk Fase Puncak

Puncak arus mudik di Tol Cisumdawu diprediksi terjadi hari ini. Foto situasi jelang akses Seksi 4 Tol Cisumdawu dibuka.-Kang Kanda/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:KOK BEDA? Jam Operasional TOL CISUMDAWU Ada Dua Versi

Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil yakin mudik tahun ini bisa berjalan lancar dengan tambahan beroperasinya Tol Cisumdawu dan Bocimi.

"Dua tol sudah tembus Bocimi sampai Cibadak dan Tol Cisumdawu sampai Kertajati," tutur Ridwan Kamil, dilansir dari siaran pers tertulis, Selasa, 18, April 2023.

Tambahan 2 tol tersebut, diharapkan dapat memfasilitasi masyarakat yang hendak mudik. Sebab di wilayah Jawa Barat diperkirakan ada 20 juta orang akan pulang kampung. 

Sementara itu, sekitar 14 juta yang akan mudik dari Jawa Barat ke wilayah lainnya seperti Jawa Tengah, Jawa Timur dan berbagai daerah.

BACA JUGA:HATI-HATI Ada Anjing Liar Nyeberang di TOL CISUMDAWU, Kecepatan Fungsional Dibatasi

"Jadi yang datang mudik ke Jabar diperkirakan 20 juta, yang keluar dari Jabar 14 juta. Kurang lebih kita kedatangan populasi 6 juta-an," tutupnya.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi mulai dari Cimalaka sampai dengan Kertajati Kabupaten Majalengka.

Seksi 1 sampai dengan 3 atau Cileunyi - Cimalaka memiliki panjang jalan 32,55 kilometer dengan status sudah beroperasi penuh dan bertarif.

Sedangkan Seksi 4 sampai dengan 6 atau Cimalaka - Junction Dawuan Kertajati, memiliki panjang 28,2 kilometer dengan status operasi fungsional dan belum dikenakan tarif.

BACA JUGA:WASPADA! Ada Perpindahan Jalur di TOL CISUMDAWU, di Sini Lokasinya

Khusus untuk tanggal 18 April dan seterusnya, pengendara dari Tol Cisumdawu yang tersambung ke Tol Cipali hanya bisa melintas ke arah Jawa Tengah (Jateng).

Sebab, Tol Cipali sudah diberlakukan one way atau satu arah sejak pukul 14.30 WIB pada Selasa, 17 April 2023.

One way masih akan diberlakukan sampai Rabu, 18, April 2023 pukul 12.00 WIB. Tetapi tidak menutup kemungkinan diperpanjang, sesuai dengan kondisi lalu lintas di lapangan.

Rekayasa lalu lintas puncak arus mudik rencananya juga akan diterapkan di Tol Cisumdawu bila volume kendaraan sudah mencapai 1.000 per jam-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: