WOW! Bandara Kertajati akan Jadi Hub Jawa Barat dan Jawa Tengah, Simak Perkataan Menhub Satu Ini

WOW! Bandara Kertajati akan Jadi Hub Jawa Barat dan Jawa Tengah, Simak Perkataan Menhub Satu Ini

Bandara Kertajati Majalengka direncanakan jadi hub penerbangan internasional.-Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Bandara Kertajati akan menjadi hub dari Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Menurutnya, peran Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai hub sangat memungkinkan, karena lokasinya yang ditunjang dengan keterhubungan jalan tol.

Salah satunya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) yang dapat meningkatkan keterhubungan antara wilayah Bandung Raya dan Cirebon Raya.

Kemudian, Bandara Kertajati juga menjadi magnet untuk penerbangan termasuk umrah dari masyarakat di Jawa Tengah bagian barat seperti Tegal dan Brebes.

BACA JUGA:INI DIA, Langkah Polres Majalengka Antisipasi Kepadatan TOL CISUMDAWU di Kertajati

"Kita ingin Bandara Kertajati menjadi pusat kegiatan keekonomian. Sehingga mendorong kemajuan daerah di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan," kata Menhub, di BIJB Kertajati akhir pekan lalu.

Oleh karena itu, Menhub telah menugaskan Angkasa Pura (AP) II membantu dalam pengelolaan Bandara Kertajati.

Apalagi, sudah punya pengalaman kerjasama dengan GMR India dalam melakukan pengelolaan Bandara Kualanamu, di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

“Semoga kedepannya Bandara Kertajati semakin ramai dan berdampak positif bagi kemakmuran masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya,” katanya.

BACA JUGA:Pengalaman Mudik Lewat TOL CISUMDAWU ke Semarang, Bayar Manual di GT Kalikangkung

Sebagai informasi, pada 9 Mei 2023 mendatang, maskapai Garuda Indonesia juga akan memberangkatkan jamaah umroh dari Kertajati.

Kemudian pada 17 Mei 2023, dijadwalkan maskapai AirAsia akan melayani penerbangan reguler dengan rute perdana Kertajati-Kuala Lumpur, Malaysia.

Selanjutnya, pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2023, akan melayani penerbangan haji setelah ditetapkan sebagai salah satu bandara embarkasi dan debarkasi haji oleh Kementerian Agama.

Untuk mengantisipasi dan memudahkan mobilitas dari dan ke Bandara Kertajati, saat ini tengah disiapkan sejumlah angkutan pemadu moda, yang melayani dari dan ke Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: