INI DIA, Langkah Polres Majalengka Antisipasi Kepadatan TOL CISUMDAWU di Kertajati

INI DIA, Langkah Polres Majalengka Antisipasi Kepadatan TOL CISUMDAWU di Kertajati

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto menyampaikan penanganan lalu lintas oleh Polres Majalengka di Tol Cisumdawu.-Baehaqi-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Polres MAJALENGKA melakukan antisipasi kepadatan lalu lintas pada pertemuan Tol Cisumdawu dengan Cipali di Km 152 Kecamatan Kertajati.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto menjelaskan, sejak digunakan dan terhubung ke Majalengka, masyarakat sudah mulai melintasi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan.

Lalu lintas dari kedua jalan tol tersebut bertemu di Kilometer 152 yang telah dilakukan kanalisasi, sehingga tidak terjadi crossing antaran kendaraan dari arah Jakarta dan Bandung.

"Cisumdawu kan digunakan dari kemarin. Kami sudah koordinasi dengan kapolres Sumedang. Khususnya di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama," kata Kapolres, kepada radarmajalengka.com, Senin, 17, April 2023.

BACA JUGA:Pengalaman Mudik Lewat TOL CISUMDAWU ke Semarang, Bayar Manual di GT Kalikangkung

Disampaikan Kapolres Majalengka, kanalisasi sepanjang kurang lebih 300 meter dilakukan agar tidak terjadi crossing antar kendaraan di jalan yang menjadi titik pertemuan.

Langkah ini akan terus dilakukan, karena puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-1 dan H-2. Meski saat ini, tanda-tanda peningkatan volume kendaraan sudah mulai terlihat.

"Tetapi sudah mulai ada peningkatan di rest area, sudah sekitar 75 persen terisi. Jadi ini juga kita perlu antisipasi," tuturnya.

Sementara untuk jalur arteri yang juga akan terdampak bila Tol Cisumdawu ditutup, pihaknya sudah menempatkan personel untuk melaksanakan pengaturan di titik yang crowded.

BACA JUGA:WASPADA! Ini 3 Lokasi di TOL CISUMDAWU Cimalaka - Kertajati yang Pengendara Harus Ekstra Hati-hati

"Di jalur arteri kami mempunyai 4 pos pam. Ditempatkan petugas untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas," tandasnya.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dioperasikan dalam 2 status berbeda. Yakni beroperasi penuh dan bertarif pada Seksi 1 sampai 3 atau Cileunyi - Cimalaka.

Kemudian bagian Jalan Tol Cisumdawu yang fungsional adalah ruas dari Seksi 4 sampai 6 atau Cimalaka - Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Kapolres Sumedang, AKBP Indra Setiawan berpesan agar sebelum dibuka setiap harinya dilakukan pengecekan oleh pengelola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: