TERUNGKAP! Soal Pemindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati, Menhub: Pak Gubernur Sangat Cerdas

TERUNGKAP! Soal Pemindahan Penerbangan dari Bandara Husein ke Kertajati, Menhub: Pak Gubernur Sangat Cerdas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan terkait rencana pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati.-BKIP Kemenhub-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi kembali menanggapi perkembangan pemindahan penerbangan Bandara Husein Sastranegara ke Kertajati MAJALENGKA.

Saat berkunjung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Menhub menyatakan, nantinya bandar udara tersebut akan menjadi hub dari penerbangan umrah.

"Yang dimaksud hub adalah Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian barat. Ini memang ada dari Medan dan Manado, karena jumlah penerbangannya terbatas. Lion mengakomodasikan dan diintegrasikan ke Bandara Kertajati," kata Menhub.

Tentu yang dimaksud Jawa Barat bagian timur adalah wilayah Cirebon Raya. Sementara Jawa Tengah bagian barat adalah Tegal, Brebes, dan wilayah sekitarnya.

BACA JUGA:INI DIA, Langkah Polres Majalengka Antisipasi Kepadatan TOL CISUMDAWU di Kertajati

Kembali terkait dengan isu pemindahan penerbangan dari Bandara Kerjati, menhub mengaku sudah beberapa kali berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil.

"Kehadiran Kertajati terhadap Husein, saya berkoordinasi dengan gubernur. Saya tidak pernah bicara bagaimana mengatur, tapi pak gubernur sangat cerdas dan memberikan pemikiran," kata Menhub, di BIJB Kertajati, belum lama ini.

Disampaikan Menhub bahwa ide dari Kang Emil adalah memindahkan operasional pesawat jet ke Kertajati. Sementara untuk baling-baling tetap di Husein Sastranegara.

"Pak nanti kalau Kertajati dioperasikan, semua pesawat jet dari sini. Sementara pesawat baling-baling dari Husein. Tapi one day semuanya di sini," tutur Menhub, menyampaikan apa yang menjadi ide dari Kang Emil.

BACA JUGA:Pengalaman Mudik Lewat TOL CISUMDAWU ke Semarang, Bayar Manual di GT Kalikangkung

Ditegaskan Menhub, pemindahan penerbangan ke Bandara Kertajati sebenarnya menguntungkan banyak pihak. Sekaligus pemerataan perkembangan daerah di Jawa Barat.

"Kita tahu bahwa bandara memiliki skala ekonomis, apabila dikelola secara masif dan banyak dapat menambah orang yang datang dan pergi. Akhirnya Bandung juga diuntungkan," bebernya.

Karena itu, kata Menhub, untuk sementara Bandara Husein Sastranegara akan tetap beroperasi seperti biasa. Sementara BIJB Kertajati dioptimalkan.

"Sementara Husein tetap beroperasi. Dari masyarakat aviasi memiliki pandangan yang sama dengan Pak Gubernur," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: