MOHON PERHATIAN! Tol Cisumdawu One Way Saat Mudik, Arah Jakarta Ditutup Tanggal 18 April

MOHON PERHATIAN! Tol Cisumdawu One Way Saat Mudik, Arah Jakarta Ditutup Tanggal 18 April

Tol Cisumdawu akan diberlakukan one way saat arus mudik lebaran 2023.-Humas Jabar-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pengaturan lalu lintas akan diberlakukan di Tol Cisumdawu saat dibuka untuk arus mudik lebaran 2023, diantaranya pemberlakuan satu arah atau one way ke Cirebon - Jawa Tengah (Jateng). 

Rencananya, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan akan dibuka mulai 15, April 2023. Sehingga lalu lintas dari Bandung bisa tembus sampai ke Kertajati, Kabupaten Majalengka. 

Tetapi, pada tanggal 18 April, lalu lintas dari Jalan Tol Cisumdawu yang keluar di Junction Dawuan arah Subang - Jakarta akan ditutup, karena Tol Cipali sudah memberlakukan one way ke arah Jawa Tengah.

Oleh karena itu, warga yang hendak mudik dari Bandung ke arah Cirebon ataupun Semarang perlu terus meng-update rekayasa lalu lintas di ruas tol tersebut. 

BACA JUGA:Ngabuburit di Wisata Paralayang Majalengka, Bisa Terbang Tandem Loh

Apalagi, Cisumdawu juga belum tuntas 100 persen di Seksi 5. Sehingga ruas yang beroperasi fungsional mulai dari Cimalaka sampai Kertajati akan dilakukan pembatasan jam operasional yakni pukul 06.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Pembatasan tersebut mempertimbangkan belum tersedianya lampu penerangan jalan di Seksi 5 dan dampak pertemuan lalu lintas dengan Tol Cipali. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninjau kesiapan Tol Cisumdawu menyatakan, keberadaan tol ini akan menunjang pergerakan kendaraan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- menuturkan, pengguna jalan Tol Cisumdawu dapat menuju Tol Cipali untuk bergabung dalam arus besar jalur utara menuju Cirebon dan Jawa Tengah pada 15 April 2023.

BACA JUGA:TERSAMBUNG KE MAJALENGKA! Jembatan Gunung Puyuh Tol Cisumdawu Siap Sambut Pemudik

"Mulai tanggal 15 April, Cisumdawu sudah bisa tembus ke arah Kertajati bertemu di Cipali. Namun karena belum 100 persen, maka tembusnya bersifat satu arah, karena kepadatan akan mengalir ke arah mudik, Jawa Tengah, Cirebon," ucap Kang Emil. 

Menurut Kang Emil, Tol Cisumdawu menuju Tol Cipali hanya beroperasi pada pukul 06:00 - 15:00 WIB. Karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan hal tersebut. 

"Karena ada pembatasan, tolong manfaatkan jendela waktu dari jam 6 pagi sampai 3 sore, kalau mau ke Cisumdawu maksimal jam 3 sore. Artinya kalau sudah lewat jam 3 sore, harus lewat rute Cipularang ke Cipalinya," tutur Kang Emil. 

Selain itu, Kang Emil juga mengatakan bahwa setelah 18 April, jalan Tol Cipali dibuat satu arah dari Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk arus balik diberlakukan skema yang sama yakni satu arah dari Cirebon dan Jawa Tengah ke Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: