Update TOL CISUMDAWU, Menteri PUPR Kembali Pastikan Tembus Cileunyi sampai Dawuan

Update TOL CISUMDAWU, Menteri PUPR Kembali Pastikan Tembus Cileunyi sampai Dawuan

Tol Cisumdawu bakal tembus dari Cileunyi sampai Dawuan Kabupaten Majalengka saat arus mudik lebaran 2023 nanti.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono kembali memastikan bahwa Tol Cisumdawu sudah siap beroperasi fungsional pada 15 April 2023.

Menteri PUPR menyatakan, konstruksi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan diharapkan sudah tuntas dalam beberapa hari ke depan.

Sehingga pada waktu yang ditentukan, masyarakat sudah bisa menggunakan Jalan Tol Cisumdawu meski di beberapa lokasi baru fungsional sebagian.

"Untuk Cisumdawu perintah presiden segera dioperasionalkan. Dalam rangka mudik nanti akan selesai, tembus dari Cileunyi sampai Dawuan ini," kata Menteri PUPR, Minggu, 9, April 2023 di Bandara Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:SEGERA! Habis Lebaran Penerbangan Pesawat Jet dari Bandara Husein Pindah ke Kertajati Majalengka

Menteri PUPR menambahkan, rencananya pada akhir Bulan Mei nanti, paling lambat semua sudah operasional dari Seksi 1 sampai dengan 6 secara penuh.

"Tentu mudik ini, fungsional karena ada saja yang baru longsor. Tapi nantu akhir Mei itu sudah semua operasional," tandasnya.

Disampaikan Basuki, keberadaan Tol Cisumdawu akan sangat memudahkan masyarakat dan menghubungkan Bandung Raya dan Cirebon Raya.

"Karena kalau cuma 62 kilometer dari Bandung, cuma 1 jam kalau orang mau bepergian dari Kertajati. Jadi masyarakat akan sangat nyaman sekali," tandasnya.

BACA JUGA:TERSISA 6 Hari Lagi TOL CISUMDAWU Dipakai Mudik, Ini 3 Lokasi yang Masih Belum Selesai

Dalam kesempatan itu, Menteri Basuki menambahkan, untuk arus mudik nanti, serangkaian persiapan telah dilaksanakan. Pelebaran jalan di Tol Cipali akan selesai tanggal 12.

Kemudian ada penambahan Rest Area Km 81 A dan B yang merupakan bangunan sementara seluas 1,2 hektare yang mampu memuat sekitar 125 mobil.

"Di situ nanti ada mobile toilet dan kafe kecil yang disiapkan. Tanggal 17 selesai. Kemudian beberapa kerusakan pada jalan tol dekat Brebes akan selesai besok pagi," tandas Basuki.

Sementara terkait dengan beroperasinya Tol Cisumdawu yang terhubung ke Tol Cipali, lalu lintas dri arah Bandung dan Jakarta akan bertemu di Junction Dawuan Km 152.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: