TOL CISUMDAWU Beroperasi saat Mudik, Ini Antisipasi Pengelola Tol Cipali, Pertemuan Lalin Jakarta dan Bandung

TOL CISUMDAWU Beroperasi saat Mudik, Ini Antisipasi Pengelola Tol Cipali, Pertemuan Lalin Jakarta dan Bandung

Titik pertemuan Tol Cisumdawu dan Cipali di Km 152 saat arus mudik lebaran 2023.-Rochamedia - Diolah-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COMTol Cisumdawu ditargetkan untuk beroperasi secara fungsional dari Bandung ke Majalengka pada arus mudik lebaran, tepatnya mulai 14 atau 15 April 2023.

Beroperasinya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dari Bandung ke Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali), telah diantisipasi oleh pengelola.

Termasuk terkait dengan adanya pertemuan arus lalu lintas dari arah Bandung dan Jakarta di Kilometer 152 via Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Kepala Departemen Traffic and Security ASTRA Tol Cipali, Prayogi Setyo Utomo menjelaskan, pengelola telah menyiapkan upaya agar dapat menghindari konflik lalu lintas dari arah Jakarta dan Bandung.

BACA JUGA:Hadapi Mudik Lebaran, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 37,6 Triliun

“Di lokasi akan dipasang barrier sepanjang 300 meter, sehingga arus lalu lintas dari arah Cisumdawu akan berjalan di bahu jalan tidak langsung menutup lajur dari arah Jakarta,” kata Prayogi, dalam keteranga pers tertulis kepada radarmajalengka.com, Rabu, 5 April 2023.

Dijelaskan Prayogi, pengguna jalan yang berasal dari arah Jakarta di Tol Cipali melewati 4 rest area yakni KM 86, 102, 130 dan 166.

Apabila nantinya rest area KM 166 menjadi titik perlambatan arus lalu lintas karna penuh/padat, akan disiagakan Contra Flow dari kilometer 152 sampai dengan 167 agar konsentrasi lalin satu titik terpecah dan lancar.

“Untuk di Tol Cipali tidak ada penambahan rest area sampai dengan info hari ini yang kami terima,” tandas Prayogi, dalam keterangannya.

BACA JUGA:LEBIH CEPAT! Menteri PUPR Minta Tol Cisumdawu Dibuka 14 April, Hanya Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu yang beroperasi pada 15 April nanti, rencananya baru secara terbatas. Mengingat masih minimnya penerangan, sehingga kemungkinan hanya digunakan pada siang hari.

Kemudian, ruas tol sepanjang 61,135 kilometer tersebut, hanya beroperasi penuh pada Seksi 1 sampai dengan 3 yakni sepanjang 32,55 kilometer dari Cileunyi ke Cimalaka.

Sedangkan untuk Seksi 4 sampai dengan 6 yakni Legok – Ujung Jaya sepanjang 28,585 kilometer beroperasi fungsional terbatas karena di Seksi 5 diperkirakan baru bisa digunakan 1 jalur.

Tidak hanya itu, Tol Cisumdawu juga belum dilengkapi dengan rest area maupun SPBU. Karenanya bila pengendara mengemudi dari arah Bandung, rest area pertama yang ditemukan adalah Km 166 Tol Cipali di Kecamatan Dawuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: