PENGUMUMAN Menteri PUPR: Tol Cisumdawu 14 April Dibuka, Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

PENGUMUMAN Menteri PUPR: Tol Cisumdawu 14 April Dibuka, Satu Arah dari Bandung ke Majalengka

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyebut Tol Cisumdawu akan dibuka pada 14 April 2023.-Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

JAKARTA, RADARMAJALENGKA.COM - Kabar terbaru dari Tol Cisumdawu yang kini justru ditargetkan lebih cepat yakni dibuka pada 14 April 2023.

Informasi tersebut disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Jakarta Pusat, kepada wartawan.

Menurut Basuki, dirinya sudah melihat langsung progres konstruksi di Jalan Tol Cisumdawu dan optimis bahwa akses tersebut dapat digunakan untuk mudik lebaran.

"Minggu lalu sudah saya tengokin, mudah-mudahan tanggal 14 bisa kita open," kata Menteri Basuki, Selasa, 4, April 2023.

BACA JUGA:UPDATE TOL CISUMDAWU 11 Hari Lagi Jelang Fungsional untuk Mudik, Simak!

Dengan target yang disampaikan Menteri Basuki tersebut, berarti hanya tersisa 10 hari lagi menjelang ruas tol tersebut dioperasikan secara fungsional.

Kendati demikian, Menteri Basuki juga menyatakan bahwa pengoperasiannya besar kemungkinan hanya satu arah di ruas Seksi 4 sampai dengan 6.

"Jadi nanti misalnya arus mudik ya dari Bandung ke sana (Majalengka), arus balik dari sini, insya Allah bisa," tegas Basuki, dalam keterangannya. 

Sementara itu, dikutip dari monitoring progres harian PT Adhi Karya, progres konstruksi untuk pengecoran main road telah terealisasi sepanjang 5 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

BACA JUGA:Gara-gara Timnas U-20 Tidak Bisa Berlaga, Orang Tua Daffa Fasya Ikut Kecewa

Pembangunan median barrier telah terealisasi 9 ribu meter, dari rencana 13 ribu meter. Progres timbunan di STA 40+200 sudah diganti menggunakan EPS geofoam dan diharapkan dapat mempercepat pengerjaan.

Berikutnya adalah pembangunan Jembatan Conggeang yang dikerjakan PT Brantas Abipraya, telah selesai konstruksi dan masuk tahap pengaspalan.

PT Adhi Karya juga menanggapi terkait kunjungan Menteri PUPR yang menginformasikan bahwa Jalan Tol Cisumdawu difungsionalkan pada 15 April 2023.

Meski dapat digunakan pada waktu yang ditentukan, tetapi PT Adhi Karya menggarisbawahi jalan yang akan difungsionalkan hanya 1 lajur saja. Itu pun masih menunggu evaluasi dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: