14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Begini Kondisi Terkini

14 HARI LAGI Tol Cisumdawu Beroperasi, Begini Kondisi Terkini

Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi 14 hari lagi, meski masih banyak pekerjaan yang belum selesai.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jalan Tol Cisumdawu ditargetkan beroperasi setidaknya dalam 14 hari lagi atau pada 15 April 2023 nanti.

Bahkan, target tersebut dipertajam oleh Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bahwa ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan harus siap pada H-10 Idul Fitri atau 12, April nanti.

Basuki juga akan memastikan kondisi terkini sebelum 15 April, dengan meminta laporan update dari kontraktor pelaksana pembangunan Jalan Tol Cisumdawu.

Dari hasil peninjauan ke lapangan yang dilakukan mulai dari Seksi 6 di Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka sampai ke Seksi 4 di Legok, Basuki yakin ruas tol tersebut sudah siap beroperasi secara fungsional pada waktu yang ditentukan.

BACA JUGA:PENGUMUMAN: Mei 2023 AirAsia Buka Rute Bandara Kertajati Majalengka - Kuala Lumpur PP

Meski diakui juga pada beberapa lokasi pembangunan yang menjadi perhatian khusus, kemungkinan akan diprioritaskan lebih dahulu pada Jalur A (Bandung - Majalengka).

"Nanti saya minta laporan update sebelum lebaran, tanggal 15 April," kata Menteri Basuki, di sela peninjauan ruas jalan yang akan difungsionalkan sepanjang 29,165 kilometer tersebut.

Menurut Basuki, ruas jalan tol pada Seksi 4 sampai dengan 6 tersebut ditargetkan dapat dipakai untuk arus mudik lebaran 2023.

Yakni mulai dari Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 kilometer, Legok - Conggeang - Ujung Jaya sepanjang 14,90 kilometer dan Ujung Jaya - Junction Dawuan sepanjang 6,065 kilometer.

BACA JUGA:WUSSS Pak Basuki Coba Tol Cisumdawu dari Majalengka ke Cimalaka, Begini Hasilnya

Dijelaskan Basuki, pada posisi 15, April 2023 main road pada Seksi 4A dan 4B ditargetkan sudah selesai pada Jalur A dan Jalur B.

Kemudian di Seksi 6A dan 6B Jalur  A dan Jalur B sampai Junction Dawuan juga sudah siap. Termasuk di sebagian Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang.

Tetapi, ada beberapa kondisi khusus yang kemungkinan hanya diprioritaskan untuk penyelesaian pada salah satu jalur terlebih dahulu.

Lokasi yang dimaksud adalah Seksi 5A di STA 40+200 Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang yang sebagian masih melakukan pekerjaan urugan dan pemasangan geofoam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: