WUSSS Pak Basuki Coba Tol Cisumdawu dari Majalengka ke Cimalaka, Begini Hasilnya

WUSSS Pak Basuki Coba Tol Cisumdawu dari Majalengka ke Cimalaka, Begini Hasilnya

Menteri PUPR meninjau Jalan Tol Cisumdawu dari Seksi 6 sampai Seksi 4 atau Majalengka - Cimalaka. -Kementerian PUPR-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mencoba Tol Cisumdawu dari mulai MAJALENGKA sampai Cileunyi. 

Bukan sekadar mencoba Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, tetapi Basuki juga melakukan peninjauan di Seksi 5 yang berada di Kecamatan Conggeang. Kemudian melanjutkan melihat Seksi 4 di Cimalaka - Legok.

Dari perjalanan itu, baru Seksi 4 dan 6 Jalan Tol Cisumdawu yang seluruh ruas jalannya sudah tersambung. Sebab di Seksi 5 masih ada pekerjaan konstruksi meski sebagian besar jalan sudah terbangun dan dibeton. 

Diantara pekerjaan tersebut adalah penyelesaian pembangunan 3 jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer yakni Jembatan Kedondong 744 meter, Conggeang 636 meter dan Gunung Puyuh 204,32 meter. 

Yang disebut terakhir adalah hasil perubahan konstruksi dari jalan menjadi jembatan, karena kejadian longsor pada ruas Seksi 5B menjelang akhir Bulan Februari 2023.

Pengerjaan jembatan tersebut memakan waktu 44 hari, meski tidak menutup kemungkinan bakal butuh waktu lebih lama. Tetapi, sebagian jembatan yakni sisi kiri arah Majalengka sudah memasuki pengecoran pier. 

Dari Seksi 5B kemudian berlanjut ke lokasi pembangunan Jembatan Kedondong sepanjang 744 meter, Jembatan Conggeang 636 meter dan berakhir di Seksi 4 Legok - Paseh.

Di Seksi 4 ini, konstruksi sudah mencapai 98,4 persen di Seksi 4B. Tetapi di Seksi 4A sudah selesai dan ruas jalan dapat dilintasi kendaraan.

Praktis, dari progres ini, Tol Cisumdawu hanya menyisakan konstruksi di Seksi 5. Sedangkan di Seksi 4 dan 6 sudah diselesaikan dan dipastikan dapat dilintasi kendaraan.

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu saat ini sudah beroperasi sepanjang 32,55 kilometer yakni di Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan Jalan Tol Cisumdawu telah beroperasi sejak Januari 2022.

Serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka telah beroperasi sejak Desember 2022.

Dalam kunjungan lapangan kali ini, Menteri Basuki juga meninjau Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan yang juga direncanakan fungsional untuk jalur Lebaran 2023 mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang - SS Kutanegara - Taman Mekar – Jalan Pangkalan sepanjang 28,75 Km.

Basuki juga menyatakan, kedatangannya untuk kembali melihat progres pembangunan Tol Cisumdawu yang rencananya akan dioperasikan untuk arus mudik dan balik.

Sebab, ruas tol tersebut sangat penting untuk menunjang kelancaran mudik lebaran 2023, terutama kendaraan dari arah Bandung ke Jawa Tengah (Jateng).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: