15 HARI LAGI Beroperasi untuk Mudik, Ada 3 Jembatan di TOL CISUMDAWU yang Belum Beres

15 HARI LAGI Beroperasi untuk Mudik, Ada 3 Jembatan di TOL CISUMDAWU yang Belum Beres

Jembatan Tol Cisumdawu belum beres, meski ada yang sudah memasuki tahap pengaspalan.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM – Pembangunan Tol Cisumdawu ditargetkan rampung 15 hari lagi dan dapat beroperasi secara fungsional pada arus mudik lebaran atau 15 April 2023.

Kendati ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional, tetapi masih terdapat pembangunan 3 jembatan di Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang masih belum selesai.

Ketiga jembatan tersebut berada di Seksi 5A dan Seksi 5B Jalan Tol Cisumdawu. Bahkan total dari panjang jembatn tersebut mencapai 1,90 kilometer.

Direktur Teknik PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi Suarso menjelaskan, di seksi 5 memang cukup pelik. Sebab, terdapat pembangunan jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer.

BACA JUGA:WADUH! Perbaikan Jalan Majalengka - Cikijing Baru Selesai setelah Lebaran

“Jembatan di Seksi 5B ini masuknya seperti proyek Sangkuriang,” kata Bagus Medi, kepada wartawan, terkait dengan tantangan pembangunan di ruas sepanjang 14,90 kilometer itu.

Jembatan yang diberi nama Gunung Puyuh tersebut, berlokasi di atas Underpass Ungkal atau Jalan Desa Babakan Asem – Ungkal, Kecamatan Conggeang.

Pembangunan jembatan ini, merupakan hasil perubahan konstruksi dari semula jalan menjadi jembatan, karena adanya kejadian longsor menjelang akhir Februari 2023.

 Karena tidak bisa ditangani dengan urugan atau penguatan struktur, sehingga diputuskan dilakukan perubahan konstruksi yang melewati bagian tanah bergerak.

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Ridwan Kamil Sungguh Kecewa, Padahal...

Berikut adalah 3 jembatan di Tol Cisumdawu yang masih belum selesai:

1. Jembatan Gunung Puyuh

Jembatan Gunung Puyuh berlokasi di STA 50+894 sampai dengan STA 51+098 dengan panjang jembatan mencapai 204,23 meter.

Konstruksi jembatan ditunjang dengan 21 rangka bentang utama dan 22 tiang beton atau pier.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: