Pesawat Ilyushin IL-76 Sempat Mendarat di Bandara Kertajati, Baru Ultah yang ke 52

Pesawat Ilyushin IL-76 Sempat Mendarat di Bandara Kertajati, Baru Ultah yang ke 52

Momen pesawat Ilyushin IL-76 mendarat di Bandara Kertajati Majalengka beberapa waktu lalu. -Airnav Kertajati-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Bandara Kertajati MAJALENGKA kini disinggahi beberapa pesawat ikonik, setelah melayani angkutan cargo udara. 

Yang terbaru mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka adalah Pesawat Ilyushin IL-76 buatan Rusia. 

Pesawat ini pada 25, Maret 2023 baru saja merayakan hari bersejarah. Tepat 52 tahun yang lalu atau 1971, Ilyushin Il-76 lepas landas dari pusat uji terbang di Zukhovskiy, 25 mil tenggara Moskow.

Pesawat tersebut dipiloti oleh Pahlawan Uni Soviet, Eduard Kuznetsov, yang memuji pesawat tersebut setelah uji terbang selama satu jam.

BACA JUGA:Pemandangan Gunung Ciremai dan Tampomas, Ini Lokasi Rest Area TOL CISUMDAWU

Melansir kanal Simplefying, di tahun 1966 Sergei Ilyushin dan tim insinyurnya, yang dipimpin oleh Gienrich Vasilyevich Novozhilov, diberi tugas untuk membuat pesawat untuk Uni Soviet yang mirip dengan Lockheed C-141A Starlifter Amerika.

Pada saat itu, pesawat kargo strategis utama di Angkatan Udara Uni Soviet adalah turboprop Antonov An-12 bermesin empat, transportasi militer yang dikembangkan dari pesawat penumpang An-10. Mengenai kapasitas dan gaya, mirip dengan American Lockheed C-130 Hercules.

Pesawat didesain untuk dapat beroperasi dari bandara tak beraspal di Kutub Utara dan Siberia Timur. Juga harus memiliki jangkauan setidaknya 3.100 mil dan mampu membawa beban hingga 72.753 pound.

Menyusul serangkaian uji terbang yang sukses, Ilyushin Il-76 diterbangkan ke Bandara Paris–Le Bourget (LGB) pada 25 Mei 1971. Pesawat ini diperlihatkan kepada pers di Paris Air Show musim panas itu.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Bandara Kertajati Gaspol Buka Rute Ini

Tugas membangun Ilyushin Il-76 diberikan kepada Asosiasi Produksi Penerbangan Tashkent di Uzbekistan, yang pada saat itu merupakan Republik di Uni Soviet.

Il-76 pertama kali memasuki layanan dengan Angkatan Udara Soviet pada tahun 1974 dan sejak itu menjadi pesawat kargo utama untuk militer Soviet dan sekarang Rusia.

Selama bertahun-tahun, Il-76 telah dimodifikasi dan dilengkapi dengan teknologi dan mesin yang lebih baru.

Pada Desember 2022, pesawat Ilyushin IL-76 sempat singgah di Bandara Kertajati Kabupaten Majalengka. Kedatangan pesawat itu, didokumentasikan oleh Airnav seen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: