Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Bandara Kertajati Gaspol Buka Rute Ini

Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Bandara Kertajati Gaspol Buka Rute Ini

Bandara Kertajati akan melayani rute penerbangan umrah menjelang Idul Fitri termasuk penerbangan jemaah haji.-Raja Video ID/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu yang mulai beroperasi pada 15 April 2023 diperkirakan mulai digunakan untuk arus mudik dan secara tidak langsung memberikan dampak bagi Bandara Kertajati Majalengka.

Bahkan, setelah Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan terhubung, target berikutnya adalah menggenjot traffic di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Terkait dengan optimalisasi bandar udara tersebut, sudah menjadi instruksi dari presiden kepada Manteri Perhubungan (Menhub) untuk mencari cara agar traffic penerbangan bisa tumbuh.

Salah satu yang paling memungkinkan adalah menjadikannya sebagai alternatif bandara internasional untuk mengurangi traffic di Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK).

BACA JUGA:INI DIA Maskapai Indonesia Pertama yang Pakai Pesawat Buatan China, Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Nah yang paling dekat, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa pada 10 hari sebelum lebaran di mana banyak masyarakat yang ingin umrah, Bandara Kertajati membuka slot unlimited.

Sebab, kuota penerbangan umrah dari Bandara Kertajati sangat banyak dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. "Kita merencanakan dua hal. Satu itu, kementerian agama sudah menetapkan penerbangan haji," katanya.

Kemudian yang kedua dalah penerbangan umrah. Untuk masyarakat yang ingin ke tanah suci bisa berangkat dari BIJB.

Diharapkan 2 rencana tersebut dapat menghidupkan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sekaligus meningkatkan traffic di Jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Jembatan Baru Tol Cisumdawu Dikerjakan Setengah Dulu Demi Mudik? Lihat Penampakannya

Hal itu, diungkapkan Menhub saat berkunjung ke BIJB Kertajati Majalengka, belum lama ini. Kemudian dipertegas saat konferensi pers di Istana Negara.

"Ada satu berita baik dari BPJT mengatakan bahwa 15 April Tol Cisumdawu beroperasi fungsional. Dari Bandung ke Kertajati kira-kira 1 jam," kata Menhub, dilansir dari publikasi di Instagram miliknya, Senin, 27, Maret 2023.

Merespons hal tersebut, kata Menhub, dirinya merencanakan 2 hal untuk jangka pendek. Yang pertama, Kementerian Agama (Kemenag) sudah memutuskan penerbangan haji paling tidak 20 kelompok terbanng (kloter) dengan jumlah 7-8 ribu jemaah yang berhaji dari Kertajati.

Jemaah yang terbang untuk ibadah haji melalui Bandara Kertajati berasal dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang dan Sumedang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: