Pemandangan Gunung Ciremai dan Tampomas, Ini Lokasi Rest Area TOL CISUMDAWU

Pemandangan Gunung Ciremai dan Tampomas, Ini Lokasi Rest Area TOL CISUMDAWU

Lokasi yang disebut-sebut bakal menjadi rest area Tol Cisumdawu di Seksi 5.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu mendekati selesai pada Maret 2023 dan diharapkan bulan depan sudah bener-benar beroperasi secara fungsional.

Di tengah penyelesaian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, sampai dengan saat ini belum tergambar di mana rest area dari ruas tersebut akan ditempatkan.

Sejauh ini, Presiden Direktur PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), M Jusuf Hamka menyebut ada 2 lokasi yang akan menjadi rest area Jalan Tol Cisumdawu.

Lokasi pertama sudah dibocorkan oleh Jusuf Hamka yakni di dekat Terowongan Kembar atau Cisumdawu Twin Tunnel. Sekaligus menjadi prioritas pertama untuk dibangun.

BACA JUGA:Sudah Latihan Touch and Go, Transnusa Buka Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati Majalengka?

"Segera buat rest area di dekat Terowongan Kembar," tulis Jusuf Hamka, beberapa waktu lalu. Rest area ini, juga akan membantu menempatkan UMKM yang berjualan di Jalan Cadas Pangeran.

Setidaknya UMKM dan PKL akan mendapatkan kuota 40 persen dari rest area tersebut, melalui pendataan dan verifikasi yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Selanjutnya, rest area kedua yang akan dibangun ditekadkan menjadi terbaik dan terindah di Indonesia dengan pemandangan Gunung Ciremai dan Gunung Tampomas.

Tetapi, sampai dengan sekarang ini lokasi Rest Area Tol Cisumdawu tersebut belum diungkapkan kepada publik. Juga belum terlihat tanda-tanda akan dibangun dalam waktu dekat.

BACA JUGA:INI DIA Maskapai Indonesia Pertama yang Pakai Pesawat Buatan China, Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Sempat ada perataan lahan di sekitar Seksi 5B Jalan Tol Cisumdawu yang diduga akan menjadi rest area, tetapi sampai dengan sekarang masih belum ada kepastian.

Yang jelas, merujuk pada keterangan Jusuf Hamka bahwa rest area tersebut memiliki pemandangan 2 gunung di Jawa Barat, kemungkinan lokasinya berada di sekitar seksi 5.

Sebab, Gunung Ciremai hanya terlihat dari Seksi 5 Tol Cisumdawu yang berada di Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Sedangkan bila di Seksi 4, lokasinya masih berada di Kecamatan Cimalaka dan dari ruas jalan yang ada saat ini, relatif tidak memiliki view dari Gunung Ciremai dan hanya ada Gunung Tampomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: