Kisah Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati, dan Mriya yang akan Dibangkitkan dari Kubur

Kisah Antonov yang Mendarat di Bandara Kertajati, dan Mriya yang akan Dibangkitkan dari Kubur

Pesawat Antonov AN-124 100 M mendarat di Bandara Kertajati dan melakukan bongkar muatan.-Leonardo Edwin/Ist-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Pesawat Antonov AN-124 100 M yang mendarat di Bandara Kertajati MAJALENGKA, kembali membawa ingatan publik ke peristiwa perang Ukraina - Rusia.

Apalagi, pilot pesawat Antonov AN-124 100 M dengan call sign Ruslan mengibarkan bendera Ukraina begitu pesawat masuk ke taxiway dan dipandu follow me car.

Ternyata, kedatangan pesawat Antonov yang disewa oleh PT Chandra Asri Petrochemical untuk membawa mesin dari Houston, Texas, Amerika Serikat, masih jadi perbincangan sampai dengan saat ini.

Termasuk soal gelar pesawat cargo terbesar di dunia yang saat ini, diberikan kepada pesawat dengan call sign Ruslan itu.

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi 15 April, Presiden Jokowi Kasih PR Penerbangan Bandara Kertajati Majalengka

Padahal, tadinya gelar pesawat cargo terbesar di dunia dipegang oleh AN-225 Mriya. Namun, karena peperangan saat invasi Rusia ke Ukraina, pesawat super jumbo itu pun hancur.

AN-225 Mriya memang hanya diproduksi Antonov sebanyak 1 unit. Karenanya, satu-satunya armada itu pun rusak berat.

Sehingga otomatis gelar pesawat cargo terbesar di dunia, jatuh ke adik dari Mriya yakni Ruslan atau Antonov AN-124 100 M.

Selain membawa barang pesanan PT Chandra Asri, kedatangan pesawat Antonov ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka juga menghadirkan sorotan lain.

BACA JUGA:Sebelum Bandara Kertajati, Sebelumnya Pesawat Antonov Pilih Bandara Baru di Indonesia untuk Mendarat

Pesawat yang terbang dari Amerika Serikat itu, juga melakukan kampanye Be Brave Like Ukraine yang tertulis pada bagian moncong pesawat.

Khusus untuk Antonov AN-124 100 M yang mendarat di Bandara Kertajati, dibubuhkan tulisan Be Brave Like Mykolaiv yang merupakan penghormatan untuk pahlawan Ukraina di Kota Mykolaiv.

Sebagi informasi, Mykolaiv merupakan sebuah kota di Ukraina. Kota ini letaknya di bagian selatan. Tepatnya di Oblast Mykolaiv.

Pada tahun 2008, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 505.900 jiwa dan memiliki luas wilayah 259,83 kilometer persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: