MANTAP! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April 2023, Bandung - Majalengka Kurang dari 1 Jam

MANTAP! Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April 2023, Bandung - Majalengka Kurang dari 1 Jam

Tol Cisumdawu beroperasi pada 15 April 2023 untuk mudik lebaran.-Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

MAJELENGKA, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu dijadwalkan beroperasi pada 15, April 2023 secara penuh mulai dari Bandung sampai ke Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Rencana beroperasi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan  disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Saat konferensi pers di Istana Negara, Menhub Budi Karya menyampaikan bahwa sesuai target dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), bahwa Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi pada 15 April 2023.

Menurut menhub, tentu saja beroperasinya Tol Cisumdawu akan menjadi kabar baik bagi masyarakat di sekitar Bandung sampai dengan Majalengka, Cirebon dan lainnya.

BACA JUGA:Butuh Uang? Ajukan ke Bos Jalan Tol Jusuf Hamka, Tinggal Kirim Rekening, Langsung Transfer

Sebab, beroperasinya jalan tol ini, membuat jarak antara Cileunyi sampai Junction Dawuan menjadi hanya 62,60 kilometer.

Dengan jarak tempuh tersebut, waktu tempuh juga diperkirakan hanya sekitar 1 jam saja dari Cileunyi sampai Simpang Susun Dawuan, di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

"Kabar gembira perlu saya sampaikan. Berfungsinya Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke Kertajati tanggal 15, April 2023," kata Menteri Perhubungan, di Jakarta, Jumat malam, 23, Maret 2023.

Terkait dengan status pengoperasian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, menurut menhub, hal tersebut menjadi kewenangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

BACA JUGA:TOL CISUMDAWU Beroperasi, Presiden Jokowi Minta Bandara Kertajati Majalengka Dioptimalkan

Apakah nantinya Seksi 4 sampai dengan 6 Jalan Tol Cisumdawu berstatus fungsional atau uji laik fungsi saat beroperasi pada 15 April 2023.

"Tentu policy tentang fungsional atau efektif berada di Kementerian PUPR. Fungsional hampir bisa dipastikan, mungkin ada dinamika bergeser 1 sampai 2 hari," kata Menhub, menyampaikan hasil rapat dengan presiden di Istana Negara.

Beroperasinya Tol Cisumdawu pada 15, April 2023 tentu saja hanya berselang beberapa hari dengan arus mudik yang diprediksi terjadi mulai 19, April.

Sebab, presiden sudah meminta agar cuti bersama dimajukan yakni mulai tanggal 19 April. Bahkan, menurut menhub, presiden juga meminta perusahaan khususnya swasta untuk membayarkan THR (tunjangan hari raya) lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: