Sudah Masuk Ramadhan, Begini Update TOL CISUMDAWU yang Katanya Mau Dipakai Mudik

Sudah Masuk Ramadhan, Begini Update TOL CISUMDAWU yang Katanya Mau Dipakai Mudik

Update Jalan Tol Cisumdawu memasuki Bulan Ramadhan dan target digunakan untuk mudik. -Ahmad Thea/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu menyisakan waktu 23 hari lagi menuju target untuk dapat dipakai mudik lebaran 2023.

Target dari Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dapat digunakan untuk arus mudik setidaknya mulai 15, April 2023.

Karenanya, saat ini pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Seksi 5 masih terus dikebut. Sebab, di ruas lainnya konstruksi sudah selesai dan dapat berlanjut ke Uji Laik Fungsi (ULF), lalu beroperasi secara fungsional.

Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi Suarso, pembangunan Tol Cisumdawu secara konstruksi diharapkan selesai pada Bulan April.

BACA JUGA:Pilot Kibarkan Bendera Ukraina, Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan Mendarat di BIJB Kertajati

"April selesai konstruksi lalu lanjut ULF, di awal Mei sudah fungsional," kata Bagus Medi dilansir dari publikasi PT BIJB. 

Diakui, pekerjaan Tol Cisumdawu memang cukup berat di Seksi 5. Sebab ada pembangunan jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer.

Bahkan pada ruas ini, ada perubahan konstruksi yakni dari trase jalan menjadi jembatan. Kondisi ini terjadi karena longsor di dekat Underpass Ungkal, Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang. 

Berikut kondisi terkini di Tol Cisumdawu memasuki awal Ramadhan 2023:

1. Seksi 5A Cipamekar 

Pembangunan masih menyelesaikan 3 lokasi yang belum tersambung yakni urugan di Desa Cipamekar atau STA 40+200 dan di Desa Conggeang Kulon.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan di Bandara Kertajati Buka Muatan, Gede Banget

Pada area ini, pembangunan badan jalan yang sudah dibeton rigid baru 4,5 kilometer dari rencana 6,5 kilometer.

Kemudian masih dikerjakan penyelesaian Jembatan Conggeang yang baru menuntaskan erection girder. Saat ini dalam tahap pengecoran untuk lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: