3 Pesawat Jumbo yang Pernah Mendarat di Bandara Kertajati, Angkut Tentara Amerika, Pi Kibarkan Bendera Ukraina

3 Pesawat Jumbo yang Pernah Mendarat di Bandara Kertajati, Angkut Tentara Amerika, Pi Kibarkan Bendera Ukraina

Deretan pesawat jumbo yang pernah singgah di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. -PT BIJB-radarmajalengka.com

MAJALENGKA, RADARMAJALENGKA - Bandara Kertajati MAJALENGKA pernah disinggahi pesawat terbesar di dunia, baik sekadar mengisi bahan bakar hingga mengangkut cargo.

Selain Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan, sebelumnya juga pernah mendarat beberapa pesawat berbadan besar lainnya. Baik muatan cargo maupun militer. 

Tentu saja, kehadiran 'monster' angkasa itu, menjadi bukti bahwa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, mumpuni untuk melayani pesawat-pesawat terbesar di dunia. 

Yang terbaru adalah kedatangan Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan, pada Rabu, 22, Maret 2023 sore untuk melakukan pengangkutan cargo.

BACA JUGA:PENAMPAKAN Pesawat Antonov AN-124 100 Ruslan di Bandara Kertajati Buka Muatan, Gede Banget

Berikut adalah deretan pesawat jumbo yang pernah mendarat di Bandara Kertajati Majalengka. 

1. Ilyushin IL76 Silkway

Ini adalah pesawat ukuran besar dengan 4 mesin jet, yang bertujuan sebagai transportasi udara angkutan strategis. 

Selain digunakan untuk keperluan komersial, juga dipakai militer dari sejumlah negara. Misalnya Angkatan Udara India, Angkatan Udara Ukraina dan Angkatan Udara Rusia.

Di Bandar Udara Internasional Jawa Barat, pesawat ini sempat singgah pada Desember 2022. Ilyushin Il-76 banyak berdinas di perusahaan penerbangan kargo komersial untuk pengiriman kargo.

BACA JUGA:GEDE BANGET! Pesawat Antonov An-124 100 Mendarat di Bandara Kertajati Majalengka

Terutama untuk barang-barang berukuran besar (seperti alat berat dan kendaraan), atau barang-barang berat yang sulit dikirim dengan moda transportasi lainnya.

2. US Air Force Boeing C-17

Pada Agustus 2021, Pesawat US Air Force Boeing C-17 juga sempat singgah untuk mengisi bahan bakar. Ketika itu, pesawat US Air Force mengangkut tentara Amerika Serikat atau US Army untuk latihan gabungan dengan TNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: