WOW, Total Jembatan di Seksi 5 TOL CISUMDAWU Sepanjang 1,90 Kilometer, Ini Rinciannya

WOW, Total Jembatan di Seksi 5 TOL CISUMDAWU Sepanjang 1,90 Kilometer, Ini Rinciannya

Total panjang jembatan di Seksi 5 Tol Cisumdawu mencapai 1,90 kilometer. -Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Tol Cisumdawu di Seksi 5 bakal memiliki 3 jembatan. Diantaranya 2 sudah dibangun duluan dan akan bertambah 1 lagi yang saat ini masih dalam proses pembangunan. 

Uniknya, Ruas Seksi 5 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang memiliki panjang 14,90 kilometer, sepanjang 1,90 kilometer diantaranya adalah jembatan. 

Padahal, tadinya sudah ada 2 jembatan terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu pada ruas ini dan kini kembali bertambah 1 lagi yang ditargetkan selesai pembangunannya pada 15, April 2023.

Karenanya, pembangunan jembatan ini sangat menentukan apakah ruas Tol Bandung - Kertajati ini, dapat beroperasi atau tidak pada arus mudik lebaran nanti. 

BACA JUGA:4 Lokasi di TOL CISUMDAWU yang Masih Belum Selesai, Target 15 April Cileunyi - Majalengka Nyambung

Apalagi posisi jembatan yang sekarang sedang dibangun, berada di lokasi yang sudah dekat ke Seksi 6 atau Ujung Jaya - Dawuan, Kabupaten Majalengka

Namun, karena pembangunan jembatan tersebut, pekerjaan di Seksi 5 juga sedikit terhambat lantaran membutuhkan waktu yang lebih lama. 

"Seksi 5 kita kejar tayang karena ada jembatan dengan total 1,90 kilometer," kata Direktur Teknik dan Operasional PT CKJT, dilansir dari publikasi PT BIJB, Kamis, 16, Maret 2023.

Bagus Medi tidak merinci panjang masing-masing jembatan. Namun seperti yang diketahui selama ini, Tol Cisumdawu memiliki 2 jembatan terpanjang yang berada di Seksi 5.

BACA JUGA:Jelang Puasa, Paling Asyik Hari Minggu Gowes ke Terasiring Panyaweuyan Majalengka

Yakni, Jembatan Conggeang dengan panjang 636 meter di Seksi 5A dan Jembatan Kedondong dengan panjang 744 meter di Seksi 5B.

Menyusul yang baru dibangun adalah Jembatan Ungkal sepanjang kurang lebih 520 meter di atas Underpass Ungkal.

Jembatan tersebut dibangun sebagai penanganan longsor yang terjadi di akhir Bulan Februari 2023. Lantaran area longsoran yang sangat labil dan terus bergerak.

Bagus Medi menjelaskan, progres konstruksi terbaru di Tol Cisumdawu, seksi 4 sudah berhasil diselesaikan. Tetapi, Seksi 5 sampai dengan sekarang masih belum selesai karena adanya pembangunan 3 jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: