Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Dibangun Jembatan, Menteri Basuki: Karena Gerak Terus

Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Dibangun Jembatan, Menteri Basuki: Karena Gerak Terus

Lokasi longsor Tol Cisumdawu yang akan dibangun jembatan kini sudah terpasang bore pile.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

BACA JUGA:INIKAH Lokasi Rest Area JALAN TOL CISUMDAWU yang Termegah? Ternyata Dekat dari Majalengka

Rupanya, longsor di lokasi ini bukan kejadian biasa. Sebab, ada struktur tanah labil yang tidak bisa ditangani dengan sistem urugan.

Saat radarmajalengka.com ke lokasi Seksi 5B pada 28, Februari 2023, lokasi longsor sedang dalam tahap persiapan penanganan dengan konstruksi bore pile.

Kemudian pada pantauan visual terbaru, Minggu, 5, Maret 2023, terlihat sudah terdapat 5 crane beserta 4 peralatan untuk melakukan bore pile di lokasi tersebut.

Bersamaan dengan itu, dikabarkan juga bahwa di lokasi longsor akan dibangun jembatan. Kondisi ini, mirip dengan di Kampung Kawungluwuk yang dibangun Jembatan Conggeang sepanjang 636 meter.

BACA JUGA:BANYAK BANGET! Bore Pile Dikerahkan ke Lokasi Longsor TOL CISUMDAWU Banas Banten, Lihat

Kemudian terjadi juga di Desa Cacaban, Kecamatan Conggeang, yang saat ini dibangun Jembatan Kedondong sepanjang 744 meter.

Ternyata informasi terkait rencana pembangunan jembatan di dekat Underpass Ungkal kini terkonfirmasi lewat pernyataan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljon.

Hanya saja, belum diketahui seperti apa jembatan yang akan dibangun dan berapa panjang dari akses penghubung tersebut.

Bila konstruksi tersebut dibangun, nantinya Seksi 5B Tol Cisumdawu akan memiliki 3 jembatan yang dibangun di atas lapisan tanah labil.

BACA JUGA:NGGAK NYANGKA! 2 Jembatan Terpanjang di TOL CISUMDAWU Ternyata Hanya Berjarak 2 Kilometer, Dekat ke Majalengka

Hal tersebut menandaskan betapa rumitnya kondisi geologi dan tantangan alam di sekitar Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Oleh karena itu, karena kejadian longsor target Tol Cisumdawu untuk dapat selesai pun kembali berubah dan mundur lagi dari semula akhir Februari menjadi 15, April 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: