ISI SALDO: Tarif TOL CISUMDAWU Berlaku di Seksi 2 dan 3, Sudah Tidak Gratis Lagi, Simak Kata PT CKJT

ISI SALDO: Tarif TOL CISUMDAWU Berlaku di Seksi 2 dan 3, Sudah Tidak Gratis Lagi, Simak Kata PT CKJT

Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu akan segera dikenakan tarif. -Yuda Sanjaya-radarmajalengka.com

BANDUNG, RADARMAJALENGKA.COM - Pengguna Jalan Tol Cisumdawu harus isi saldo, karena Seksi 2 dan 3 Tol Cisumdawu akan segera dikenakan tarif

Rencananya, Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Seksi 2 dan 3 akan beroperasi dengan penuh, sehingga tarif pun mulai diberlakukan. 

Tetapi, berapa besaran tarif tersebut, masih belum diumumkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). 

Baru PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola Jalan Tol Cisumdawu yang menyampaikan rencana penyesuaian tarif Ruas Pamulihan - Sumedang dan Sumedang - Cimalaka.

Ruas jalan ini, sudah beroperasi pada 15, Desember 2023 dengan status fungsional. Karenanya selama hampir 2 bulan belum dikenakan tarif. 

Seksi 2 Pamulihan - Sumedang memiliki panjang 17,05 kilometer dan Seksi 3 memiliki panjang 4,05 kilometer. Tarif Tol Cisumdawu sendiri ditetapkan Rp 1.000 per kilometer. 

Tetapi, belum diketahui, berapa akan dikenakan di Seksi 2 dan 3. Sebab, nantinya tarif tersebut akan diputuskan Menteri PUPR dan dituangkan dalam surat keputusan. 

Meski PT CKJT sudah memberikan pengumuman terkait rencana pengenaan tarif Tol Cisumdawu, tetapi sampai dengan saat ini Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) belum memberikan keterangan apapun.

Adapun indikasi segera diberlakukannya penyesuaian tarif di Jalan Tol Cisumdawu sudah diungkapkan sejak kunjungan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Setelah menerima kunjungan pada 10, Februari 2023 itu, Presiden Direktur PT CKJT, Jusuf Hamka mengungkapkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai pengenaan tarif tersebut.

"Kami sudah mendapatkan kepastian utk seksi 2 dan seksi 3 menjadi bertarif," kata Jusuf Hamka dalam keterangan tertulis.

Dijelaskan dia, pemerintah selama kurang lebih 2 bulan telah menggratiskan Seksi 2 dan 3 untuk digunakan masyarakat.

"Tentunya ini memberikan banyak manfaat bagi saudara-saudar akita pengguna jalan," ungkap dia.

Sebagai pengelola Jalan Tol Cisumdawu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan dukungan terhadap penyelesaian proyek tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: