MELIHAT Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai di JALAN TOL CISUMDAWU, Lokasinya 6 Kilometer dari Majalengka

MELIHAT Jembatan Setinggi Gedung 8 Lantai di JALAN TOL CISUMDAWU, Lokasinya 6 Kilometer dari Majalengka

Melihat kondisi jembatan setinggi gedung 8 lantai di Jalan Tol Cisumdawu.-Rochamedia/Ist-radarmajalengka.com

SUMEDANG, RADARMAJALENGKA.COM - Jembatan ikonik di Tol Cisumdawu kini memasuki tahap akhir pekerjaan di Seksi 5B yang berada di Dusun Banas Banten, Kecamatan Conggeang.

Jembatan Kedondong Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan progres pembangunannya menjadi sorotan, karena menjadi pencapaian konstruksi dalam pembangunan Tol Cisumdawu.

Pada spesifikasi teknis, jembatang ini adalah yang terpanjang di Jalan Tol Cisumdawu dengan 744 meter.

Kontur lahan berbukit yang dihubungkan jembatan ini, pada posisi terdalam memiliki ketinggian pier head hingga 26 meter atau setara gedung 8 lantai.

BACA JUGA:ULTIMALTUM! Menteri Basuki Minta TOL CISUMDAWU Selesai Akhir Februari, Mungkinkah?

Saking panjangnya, dibutuhkan 17 pier head dengan masing-masing lebar 34,1 meter yang menyangga balok girder untuk lantai jembatan.

Saat ini, pembangunannya sudah memasuki tahap akhir, setelah pada Rabu, 22, Februari 2023 dilakukan pembongkaran launcher girder.

Kemudian dilakukan pembetonan di lantai jembatan untuk dibuat sebagai akses jalan. Ruas ini terhubung langsung ke Seksi 6 di Kecamatan Ujung Jaya yang memiliki panjang 6,065 kilometer dan tersambung ke Majalengka.

Dari pantauan visual, di sekitar Jembatan Kedondong juga sedang dilaksanakan pembentukan jalan menuju ke arah Ujung Jaya.

BACA JUGA:UPDATE TOL CISUMDAWU Seksi 4 sampai 6, di Lokasi Ini yang Belum Selesai, Target Mundur Lagi?

Menariknya, di area ini badan jalan berada sangat tinggi atau di atas akses jalan desa di daerah setempat.

Terutama di sekitar Box Underpass Ungkal yang merupakan akses penghubung ke Desa Ungkal, Kecamatan Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang.

Nantinya akses main road Tol Cisumdawu akan berada di ketinggian tersebut, karena menyesuaikan dengan kontur darai jembatan yang dibangun.

Saat ini, Tol Cisumdawu mendekati selesai untuk dapat beroperasi secara fungsional, kemungkinan besar di Bulan Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: