Tentan TOL CISUMDAWU yang Ternyata Tak Sampai Dawuan Majalengka, Gerbang Akhir di Sumedang

Tentan TOL CISUMDAWU yang Ternyata Tak Sampai Dawuan Majalengka, Gerbang Akhir di Sumedang

Tol Cisumdawu ternyata seluruhnya tidak berada di Kabupaten Majalengka, apalagi di Kecamatan Dawuan. Tetapi dihubungkan dengan Simpang Susun atau Junction Dawuan di Km 152 Tol Cipali.-rochamedia-radarmajalengka.com

BACA JUGA:3 Fakta TOL CISUMDAWU Hanya sampai Sumedang, Pinjam Nama Dawuan Majalengka

Meski tidak ada wilayah Kabupaten Majalengka di trase tol tersebut, tetapi sesungguhnya akses jalan bebas hambatan ini dibangun untuk menjadi penghubung dengan Kota Bandung.

Sehingga perjalanan dari Majalengka atau Cirebon ke Bandung menjadi lebih singkat, sekaligus menunjang infrastruktur dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Saat berkunjung ke Cirebon, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan bahwa dengan adanya Tol Cisumdawu kunjungan perjalanan menuju ke Bandung akan menjadi lebih cepat.

"Jadi tidak perlu lagi lewat Tol Cipali yang memakan waktu 3 jam atau lewat jalur lama Cadas Pangeran yang memakan waktu 6 jam. Nanti cukup 1 jam saja sudah sampai Bandung," kata Kang Emil, belum lama ini.

BACA JUGA:4 Fakta TOL CISUMDAWU Tidak Lewat Majalengka, Gerbang Tol Diborong Sumedang

Ditambahkan Gubernur, keberadaan akses tol juga akan menunjang aktivitas Bandara Kertajati Majalengka, sehingga bisa menjadi pilihan penerbangan dari warga Bandung dan sekitarnya.

Kendati demikian, sampai dengan saat ini belum ada informasi lebih lanjut terkait rute penerbangan yang akan dibuka dari Bandara Kertajati, khususnya untuk domestik.

Meski demikian, baru-baru ini pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan BIJB Kertajati sebagai embarkasi dan debarkasi haji.

Bahkan sudah dilakukan peninjauan oleh otoritas penerbangan umum Arab Saudi atau GACA yang berkunjung ke Bandara Kertajati.

BACA JUGA:TERNYATA! Tol Cisumdawu Tidak Sampai Majalengka, Hanya Pinjam Nama Dawuan

Diharapkan, setelah Tol Cisumdawu tersambung seluruhnya, penerbangan di Bandara Kertajati tentu akan kembali hidup.

Meski Tol Cisumdawu ternyata tidak berujung di Majalengka apalagi di Kecamatan Dawuan, tetapi akses ini sesungguhnya menjadi akses atau penunjang konektivitas Kota Angin dengan Bandung dan kota lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: